31 Agu 2017 17:00

Berat Badan Anak Tak Bertambah Secara Teratur? Lakukan 4 Hal Berikut Ini

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Seorang anak seharusnya tumbuh dan bertambah berat badannya dengan pesat. Sejak lahir sampai dengan usia dua tahun, anak seharusnya ditimbang secara teratur untuk mengetahui pertumbuhannya. Jika dari hasil penimbangan teratur diketahui bahwa anak tidak bertambah berat badannya, atau kedua orang tua mereka atau pengasuhnya melihat bahwa anaknya tidak tumbuh, maka mereka harus curiga bahwa ada yang salah. Anak perlu diperiksa oleh petugas kesehatan terlatih.

Ada 4 hal yang bisa Anda lakukan, sebagaimana dilansir dari Buku Penuntun Hidup Sehat oleh Kementerian Kesehatan

1. Bila gizinya terpenuhi dengan baik, berat badan akan ikut naik.

http://www.southernillinoiscoalition.org

Bertambah berat badan merupakan tanda yang menunjukkan bahwa seorang anak sehat dan tumbuh serta berkembang dengan baik. Sejak lahir sampai dengan usia lima tahun, anak seharusnya ditimbang setiap bulan. Ketika anak diperiksa kesehatannya, ia perlu ditimbang. Cara ini dapat membantu untuk mengetahui lebih awal tentang gangguan pertumbuhan, sehingga segera dapat diambil tindakan tepat secepat mungkin.

Hasil penimbangan, dapat mengetahui apakah seorang anak terlalu cepat bertambah berat badannya dibandingkan dengan usianya. Untuk itu memerlukan pemeriksaan berat badan anak lebih lanjut terkait dengan tinggi badannya, yang dapat menentukan apakah seorang anak mempunyai berat badan berlebih.

Baca Juga: Agar Tampak Lebih Lega, 6 Desain Interior ini Cocok untuk Rumah Mungil Anda!

2. Periksa kembali asupan gizinya

pixabay.com

Jika seorang anak badannya kurang atau justru berat badan berlebih, penting untuk memeriksa kembali menu makanannya, dan memberikan nasihat kepada orang tua atau pengasuhnya tentang pentingnya asupan gizi yang cukup. Banyak kejadian di mana terdapat anggota keluarga yang kurang gizi sementara anggota keluarga yang lain kelebihan gizi.

3. ASI jadi pemegang kunci tumbuh kembang si kecil

http://lagizi.com

Anak yang diberi ASI selama enam bulan pertama, akan tumbuh baik. ASI membantu melindungi bayi dari penyakit infeksi dan menjaga pertumbuhan tubuh serta perkembangan mental yang optimal. Anak yang diberi ASI, cenderung lebih cerdas dibanding anak yang diberi susu lain.

4. Pantau tumbuh kembangnya melalui KMS

http://tokodigi.com

Setiap anak harus memiliki Kartu Menuju Sehat (KMS) agar dapat dipantau pertumbuhannya. Dengan KMS terlihat apakah anak tumbuh dengan baik sesuai usianya. Tiap kali penimbangan, berat badan anak harus diberi tanda dengan titik pada KMS dan kemudian setiap titik harus dihubungkan. Hubungan antara titik-titik tersebut akan membentuk sebuah garis yang menunjukkan seperti apa garis pertumbuhan anak. Jika garis naik, maka pertumbuhan anak baik. Garis yang datar atau turun merupakan tanda bahwa anak harus mendapat perhatian lebih. Anak tidak hanya perlu berat badan yang sesuai dibandingkan dengan umur, tetapi juga tinggi badan yang sesuai dibandingkan dengan umur.

Baca Juga: Sebelum Membawa Si Kecil ke Kantor, 4 Hal Berikut Jangan Lupa Disiapkan

 

Sosial Media