28 Agu 2017 17:00

4 Hal Ini Jangan Sampai Terlewat Bagi Anda yang Sedang Mempersiapkan Pernikahan

keluarga kokoh

thebridedept.com

SHARE:

Oleh: Tya Achni

Pernikahan bukan hanya kisah tentang akad nikah dan resepsi saja, tapi sebagai warga negara yang baik, ada serangkaian administrasi yang harus dipenuhi. Sebagian pasangan akan mempercayakan urusan administratif ini kepada pihak Wedding Organizer (WO). Tapi sebenarnya Anda bisa kok mengurus sendiri dokumen-dokumen pernikahan ini, asalkan harus disiapkan dari jauh-jauh hari dan konsep yang matang. Berikut 4 hal yang jangan sampai terlewat sebelum hari H, dilansir dari thebridedept.com

1. Pastikan terlebih dahulu lokasi akad nikah

thebridedept.com

Lokasi akad harus diputuskan terlebih dahulu di awal, apakah di domisili istri atau suami. Hal ini penting, karena berkaitan dengan KUA tempat Anda mendaftarkan pernikahan. Bila suami dan istri berbeda domisili, maka salah satu pihak harus mengurus surat numpang nikah terlebih dahulu. Prosedur ini juga harus dilakukan bila akad nikah digelar di lokasi yang bukan merupakan domisili keduanya. Bila Anda ingin melangsungkan akad nikah di KUA, tak perlu ada biaya keluar alias gratis. Namun bila ingin menyelenggarakan akad di rumah, biayanya adalah sebesar Rp. 600.000

2.Ingat ! dokumen pernikahan harus disiapkan jauh-jauh hari

thebridedept.com

Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus surat-surat pernikahan adalah setidaknya 6 bulan sebelum hari H. Apalagi bila Anda ingin menikah di tanggal-tanggal kembar dan cantik, bisa-bisa banyak calon pengantin yang antre mendaftar di waktu tersebut. terlebih lagi dokumen yang dipersiapkan juga tidak sedikit dan butuh waktu lama untuk memperolehnya.

Baca Juga: 4 Kebahagiaan Ini Menanti Anda yang Tinggal Terpisah Dengan Orang Tua !

3.Ini beberapa surat yang perlu diurus sebelum pernikahan

img.okezone.com

1. Surat Keterangan Untuk Nikah (N1)
2. Surat Keterangan Asal Usul (N2)
3. Surat Persetujuan Mempelai (N3)
4. Surat Keterangan Tentang Orang Tua (N4)
5. Surat Izin Orang Tua (N5)
6. Surat Keterangan Kematian Suami/Istri (N6)
7. Pemberitahuan Kehendak Nikah (N7)
8. Fotocopy KTP dan KK
9. Akta Cerai/Thalak bagi Calon Pengantin yang Janda atau Duda
10. Pas foto 2×3 sebanyak 5 lembar
11. Surat Izin Komandan bagi Anggota ABRI/POLRI (SIK)
12. Dispensasi Camat bagi yang Kurang 10 Hari Kerja
13. Izin Pengadilan bagi Calon Pengantin di Bawah Umur
14. Izin Poligami dari Pengadilan bagi yang Beristeri Lebih dari Seorang
15. Surat Rekomendasi Nikah
16. Surat Keterangan Model K1 bagi WNI Keturunan Asing

Banyak bukan dokumen yang harus dipersiapkan? Maka dari itu pernikahan perlu untuk disiapkan dengan matang.

4. Persyaratan surat beres, waktunya mengurus surat nikah

Pinterest.com

Disini mental dan kesabaran para calon pengantin diuji. Mengurus surat nikah membutuhkan proses yang cukup panjang. Kurang lebih seperti ini prosesnya:  

1. Mengurus surat pengantar ke KUA di RT dan RW
2. Setelah mendapatkan surat pengantar ke KUA, kedua calon pengantin harus mengurus surat N1, N2, N4, dan surat keterangan belum menikah ke kelurahan tempat tinggal masing-masing. Persyaratan yang dibawa adalah pas foto ukuran 3×4 (2 lembar) dengan background berwarna biru, fotokopi KTP CPW & CPP (2 lembar), fotokopi KK CPP & CPW (2 lembar), dan surat pengantar RT/RW.
3. Setelah itu surat N1, N2 dan N4 tersebut dibawa ke KUA kecamatan masing-masing untuk didaftarkan. Jika Anda memiliki surat menumpang nikah, maka surat itu juga perlu dibawa ke KUA. Baru setelah itu diberi tahu ketersediaan penghulu yang akan menikahkan, serta diberi pembekalan tentang pernikahan. (dokumen: surat rekomendasi nikah dari KUA domisili, pasfoto 2×3 (4 lembar), dan surat-surat lain dari KUA setempat)
4. Setelah itu Anda akan mendapatkan surat N7 atau surat pendaftaran KUA. Di sini Anda harus menyampaikan info penting mengenai pernikahan seperti: Jam akad nikah, penjemputan penghulu pada jam berapa dan lokasinya, wali nikah, dan saksi pernikahan.

Bagaimana? Sudah siap untuk menyambut hari bahagia?

Baca Juga: Ternyata, Ini Dia 7 Hal yang Dimiliki oleh Pasangan yang Bahagia!

 

Sosial Media