26 Agu 2017 16:23

Semen Indonesia Ajak Generasi Millennial Wujudkan Aksi Perubahan

keluarga kokoh

dokumentasi

SHARE:

Oleh: Semen Indonesia

Seratusan anak mudia usia 20 hingga 30-an berkumpul di sebuah workspace di bilangan Jakarta Selatan pada Jumat malam, 24 Agustus 2017. Kedatangan mereka ke sana untuk menghadiri malam penghargaan bertajuk “Talking Social with Millennials” yang diadakan oleh Semen Indonesia, dalam rangkaian gerakan Millenials Berkarya. Millenials Berkarya adalah sebuah komunitas tempat anak-anak muda berkumpul guna membawa perbaikan bagi bangsa Indonesia. Millenials Berkarya ini merupakan program yang digubah Semen Indonesia, bekerja sama dengan Kitabisa.com.

Sedari sore, anak-anak muda dari seluruh Indonesia itu telah mengantre panjang untuk memasuki ruang acara. Wajah-wajahnya menggelorakan semangat. Lantas, semangat mereka semakin terbakar saat mengucapkan jargon Millennials Berkarya: “Aksi nyata karya anak bangsa!”.

dokumentasi

Millennials Berkarya baru memasuki tahun pertamanya. Anak-anak muda yang tergabung dalam gerakan ini diajak berkompetisi untuk menggalang dana dan membuat proyek sosial kemasyarakatan. Program telah berjalan kurang lebih tiga bulan. Rangkaiannya dimulai sejak Mei 2017 lalu. Pesertanya ialah anak-anak muda dari beragam latar belakang, misalnya mahasiswa, wirausaha, profesional muda, dan anggota komunitas sosial.

Ada sekitar 400 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di delapan kota seluruh Indonesia, seperti Bandung, Bogor, Jakarta, Surabaya, Gresik, Padang, Makassar, dan Malang, yang turut bergabung. Dari permulaan ini, terkumpul sekitar 82 ide campaigner, yang kemudian dikompetisikan untuk menggalang dana secara online.

Baca Juga : Mau Emas Batangan Senilai 30 Jutaan? Daftarkan Pekerja Konstruksi di Sekitar Anda Sekarang Juga!

Kepala Biro Komunikasi Pemasaran Semen Indonesia Hendrawan Teguh, mengungkapkan bahwa sejumlah ide ini lalu disaring menjadi sepuluh yang terbaik. Selanjutnya, kesepuluh penggagas ide terbaik mengikuti serangkaian acara kompetisi di Jakarta untuk menentukan dua terbaik yang akan mendapatkan donasi online Rp 25 juta.

Sementara itu, juara 3-5 masing-masing memperoleh donasi online sebesar Rp 15 juta, dan juara 6-10 masing-masing memperoleh RP 6 juta donasi online. Semen Indonesia juga memberikan sepuluh sak semen untuk campaigner urutan kesebelas dan seterusnya. Dalam rangkaian ini, selain berkompetisi mempresentasikan hasil, sepuluh kompetitor teratas juga mengikuti coaching clinic.

Direktur Marketing dan Supply Chain Semen Indonesia, Ahyanizzaman, mengatakan, melalui Millennials Berkarya, perusahaannya hendak merangkul generasi muda yang memiliki passion kemasyarakatan untuk turut memberikan kontribusi kepada lingkungan dan menjadi agen perubahan.

Dalam malam penganugerahan, hadir CEO Kitabisa.com, Alfatih Timur, yang memaparkan pengalamanannya tatkala membangun gerakan berbasis daring itu. Pada kesempatan tersebut, alumni Universitas Indonesia yang dulunya seorang aktivis ini mengatakan bahwa, sekarang banyak anak muda yang merasa inferior lantaran tak bisa melakukan apa-apa untuk sesamanya.

dokumentasi

“Waktu itu aku juga enggak bisa apa-apa. Namun itu yang harus dilawan,” tuturnya.

Sebagai generasi muda, tutur Timur, anak-anak muda harus bisa menjadi corong perubahan. Jadi, bukan hanya melempar komentar dan komplain sama seperti yang belakangan terjadi di media sosial.

Millennials adalah doers. Banyak anak muda yang bisa do something. Melalui kalian, Indonesia akan berubah,” tuturnya. Semangat dari Timur ini membuat anak-anak muda yang hadir dalam acara tersebut merasa optimis.

dokumentasi

Hadir pula Putri Indonesia 2015, Anindya Putri, yang berbagi pengalaman. Anindya memaparkan pentingnya kolaborasi untuk mewujudkan sebuah gerakan. Entah itu kolaborasi dengan sesama komunitas atau kolaborasi dengan pemerintah. Juru Bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga itu mengatakan, kolaborasi akan meningkatkan jaringan atau network. “Seperti kolaborasi Semen Indonesia dan Kitabisa.com,” tuturnya.

Millennials Berkarya diharapkan bakal memacu generasi muda terus menginspirasi banyak orang demi kebaikan bangsa.

Baca Juga : 5 Keuntungan Ini Hanya Dirasakan Anda yang Punya Pasangan Wanita Dominan!

Sosial Media