22 Agu 2017 15:33

6 Jurus Ampuh Agar Bayi Tak Bangun dan Rewel di Malam Hari

keluarga kokoh

contentful.com

SHARE:

Oleh : Tya Achni

Ingatlah bahwa setiap bayi berbeda-beda, bayi yang baru lahir juga akan lebih sering terbangun di waktu-waktu pertamanya. Dan itu adalah hal yang normal. Tips di bawah ini dapat membantu anak untuk mengenali mana waktu siang dan malam. Bila dibiasakan dan diterapkan sejak dini, pola tidur yang baik ini akan terbawa hingga ia besar nanti. Kemungkinan ia terbangun dan menangis di malam hari juga kecil.

1. Saat siang, tidurkan bayi di ruang yang terang

ultimatehomeideas.com

Tips pertama ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan agar bayi dapat membedakan mana waktu tidur siang dan malam. Bayi akan terbiasa dengan pola tidur di ruangan yang terang di siang hari, dan gelap di malamnya. Dengan begini ia tidak lagi rewel di saat tidur malam.

2. Ciptakan sedikit kebisingan saat tidur siang

huffpost.com

Selain membedakan waktu tidur siang dan malam dengan kondisi pencahayaan, Anda bisa menambahkan sedikit unsur ‘bising’ di siang hari. Caranya dengan menyalakan radio atau televisi saat ia tidur siang. Sebaliknya, di malam hari usahakan tidak ada suara bising, dengan begini bayi akan mengenali mana waktu tidur siang dan malam.

Baca juga: Hanya dengan Material Beton, Rumah Ini Jadi Instagramable Banget!

3. Sebaliknya, ciptakan suasana sunyi di malam hari

todosimple.com

Sekira satu jam sebelum tidur malam, ciptakan suasana tenang dan sunyi sebelum ia tidur. Matikan televisi, radio, dan sumber suara lainnya. Sehingga bayi akan merasa tenang dan ia siap untuk beristirahat di malam hari.

4. Bacakan cerita sebelum ia tidur

http://blog.landofnod.com

Kebiasaan mendongengi anak sebelum ia tidur malam, akan dapat membantu anak agar dapat membedakan waktu tidurnya. Selain itu dengan membacakan cerita untuknya dapat menciptakan ikatan yang kuat antara orang tua dan anak.

5. Redupkan lampu di tidur malam

ikea.com

Jika pencahayaan harus terang di siang hari, sebaliknya di malam hari penerangan harus redup bahkan dimatikan. Anda juga bisa mengganti pakaiannya dengan piyama dan memakaikan popok baru sebelum pergi tidur.

6. Tetapkan jam tidur malam

pixabay.com

Beberapa orang tua akan mengalami kesulitan untuk menetapkan jam tidur. Namun bila Anda sudah menerapkan beberapa tips di atas, ia tidak akan lagi rewel. Secara otomatis, kebiasaan ini akan mempengaruhi waktu-waktunya mengantuk misalnya. Menetapkan waktu tidur juga memberi Anda beberapa kemudahan. Mengetahui bahwa si kecil tidur sampai sekitar jam 8 pagi memberi Anda kesempatan untuk memiliki ‘me time’ di pagi hari.

Baca juga: Tanpa Disadari 5 Kata yang Sering Digunakan Ini Membuat Anda Tampak Tak Bisa Diandalkan

Sosial Media