22 Agu 2017 19:00

Ternyata Anda Tidak Boleh Minta Maaf untuk 7 Hal Ini!

keluarga kokoh

barnimage.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Kata maaf bisa jadi merupakan salah satu kata yang diajarkan oleh orangtua sejak kecil. Kata 'maaf' digunakan ketika kita membuat kesalahan pada orang lain. Namun ternyata, kata 'maaf' tidak dapat digunakan dengan sembarangan, lho. Untuk itu, jangan minta maaf untuk hal-hal ini, ya. 

1. Tidak perlu minta maaf untuk berkata tidak. 

barnimages.com

Terutama untuk Anda yang tidak bisa menolak pemintaan, Anda tidak perlu sungkan dan meminta maaf untuk berkata tidak. Misalnya saja, ketika ada teman yang mengajak Anda berbuat salah. Jangan sampai Anda meminta maaf ketika menolak ajakan ini. 

2. Jangan minta maaf jika Anda memilih untuk mengejar mimpi Anda. 

pixabay.com

Semua orang berhak memiliki mimpi dan mengejarnya. Jangan sampai Anda minta maaf ketika Anda memilih untuk menekuni mimpi Anda dan mengejarnya. 

3. Jangan minta maaf karena Anda menghabiskan waktu dengan diri sendiri.

pixabay.com

Manusia memang mahluk sosial, tapi ada kalanya seseorang juga membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Anda pun tidak perlu minta maaf jika sesekali Anda lebih memilih untuk menghabiskan waktu sendirian. 

Baca Juga: Untuk Para Pasangan, Cegah Perselingkuhan dengan 5 Cara ini

4. Jika Anda memiliki prinsip atau pandangan sendiri. 

pixabay.com

Semua orang memiliki hak untuk memiliki prinsip dan pandangannya masing-masing. Selama prinisp dan pandangan yang Anda miliki tidak menganggu orang lain, Anda tidak perlu minta maaf untuk prinsip dan pandangan Anda tersebut. 

5. Jangan minta maaf jika Anda mengakhiri suatu hubungan. 

pixabay.com

Jika Anda memiliki hubungan pertemanan atau persahabatan atau bahkan percintaan yang tidak sehat, tidak salahnya bagi Anda untuk mengakhirinya. Anda pun tidak perlu minta maaf untuk hal ini. 

6. Jangan minta maaf jika Anda harus mengungkapkan kebenaran. 

pixabay.com

Kebenaran adalah hal yang perlu diungkapkan. Hal ini dapat membuat diri Anda ataupun orang lain menjadi lebih baik. Namun jika kebenaran yang Anda ungkapkan dapat menyakiti orang lain, Anda dapat meminta maaf lalu memotivasinya untuk lebih baik. 

7. Tidak perlu minta maaf jika Anda tidak bisa menjadi sempurna. 

pexels.com

Tidak ada manusia yang sempurna. Jika Anda yang tidak menyukai Anda karena Anda tidak sempurna, Anda tidak perlu minta maaf. 

Baca Juga: Pacaran Lama Bukan Jaminan Jodoh, Lho. Ini Dia Alasannya!

Sosial Media