19 Agu 2017 17:00

Terungkap ! 5 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Buat Waktu Tidur Kurang Berkualitas

keluarga kokoh

Pexels.com

SHARE:

Oleh: Dhafintya Noorca

Waktu tidur yang tidak teratur justru membuat tubuh makin lelah saat bangun. Bukan hanya itu, beberapa ritual sebelum tidur yang kerap dilakukan juga jadi penyebab tidur kurang berkualitas. Apa sajakah itu?

1. Posisi tidur

thewoolroom.com

Bila saat terbangun Anda merasa tubuh justru makin lelah, coba tengok kembali posisi tidur terakhir. Sebelum tidur, posisikan tubuh dalam posisi yang paling nyaman agar tidur nyenyak, dan jangan dirubah sebelum Anda benar-benar tertidur. 

2. Berpikir berlebihan

ecestaticos.com

Biasanya kita turut membawa semua masalah yang dialami di hari itu hingga sebelum tidur, tak jarang masalah-masalah ini terbawa dalam mimpi. Singkirkan semua pikiran berlebihan itu sebelum tidur, dan alihkan pikiran Anda pada hal-hal yang membahagiakan. Anda bisa melakukan trik menghitung domba agar lekas tidur.

Baca Juga: 6 Perabotan di Rumah Ini Ternyata Tak Perlu Dibersihkan Terlalu Sering

3. Mengantuk yang dibuat-buat

Pexels.com

Akibat rasa kantuk tak kunjung datang, tak jarang kita akhirnya menidurkan diri dengan harapan agar rasa kantuk ini akan datang dengan sendirinya. Bila selama 20 menit belum juga mengantuk, letakkan gadget Anda. Ambillah sebuah buku atau lakukan hal-hal yang membuat rileks. 

4. Temperatur kamar yang salah

Pexels.com

Mengatur suhu kamar yang terlalu dingin atau panas justru membuat waktu tidur jadi kurang berkualitas. Suhu optimal untuk tidur adalah 15-23 derajat celcius. 

5. Menggunakan tempat tidur untuk tujuan yang salah

huffpost.com

Masih banyak orang yang ‘membawa’ pekerjaannya hingga ke tempat tidur. Sebelum tidur ia masih berkirim email untuk klien. Hal-hal ini dapat menurunkan kualitas tidur Anda. Gunakan kasur hanya untuk tidur, bukan hal-hal lainnya !

Baca Juga: Ini Daftar 7 Makanan Indonesia yang Paling Banyak Dicari di Google

Sosial Media