17 Agu 2017 16:58

Ini Dia 5 Fakta Unik tentang Kemerdekaan yang Tak Banyak Diketahui!

keluarga kokoh

kebonsariwetan.kelurahan.probolinggokota.go.id

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy

Dinyatakan merdeka, 17 Agustus 1945 menjadi hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tanpa diketahui banyak orang, ternyata ada hal-hal unik yang terjadi di hari itu, lho. Kira-kira, Anda sudah tahu?

1. Soekarno sakit saat membacakan teks proklamasi.

Siapa sangka bahwa pada saat hari kemerdekaan Indonesia, Soekarno sedang tidak enak badan? Rupanya sakit malaria Beliau sedang kambuh. Namun hal itu sama sekali tidak menyurutkan semangat Beliau untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia!

2. Teks asli proklamasi ditemukan di tempat sampah.

Ternyata, pemerintah tidak memiliki teks asli proklamasi, lho. Teks asli proklamasi telah dibuang ke tong sampah. Adalah BM Diah, seorang wartawan asal Aceh yang menemukannya di tong sampah rumah Laksamana Maeda.

Baca Juga: 7 Tanda Kalau Anda Orang Indonesia Banget! Termasuk Nggak, Ya?

3. Tiang bendera hanya terbuat dari batang bambu.

Tidak seperti sekarang, rupanya perayaan 17 Agustus pada tahun 1945 sangatlah sederhana. Hal ini terlihat dari tidak adanya protokol maupun korps musik, bahkan tiang yang digunakan untuk mengibarkan bendera merah putih saat itu hanyalah terbuat dari batang bambu.

4. Dokumentasi proklamasi hampir disita Jepang.

Bahkan untuk dokumentasi, Indonesia harus berjuang dengan amat keras. Pasalnya, dokumentasi kemerdekaan Indonesia hampir saja disita oleh Jepang. Untungnya, Frans Mendoer berusaha menyelamatkan dokumentasi proklamasi Indonesia dengan berbohong pada tentara Jepang bahwa ia tidak memilikinya. Padahal ia menyimpan dokumentasi tersebut di di sebuah pohon di kantor Harian Asia Raja.

5. Bendera terbuat dari seprai.

Bendera Indonesia kala itu hanyalah terbuat dari seprai dan dijahit sendiri oleh Fatmawati, istri Soekarno. Fatmawati saat itu pun sesekali terisak dalam tangis karena terharu sekaligus tidak percaya bahwa akhirnya Indonesia merdeka dan memiliki bendera sendiri.

Unik sekaligus mengharukan kan perjuangan para pahlawan? Untuk itu, pastikan kita berjuang untuk mengisi kemerdekaan ini, ya.

Baca Juga: Ini Daftar 7 Makanan Indonesia yang Paling Banyak dicari di Mesin Pencari

Sosial Media