15 Agu 2017 18:14

5 Cara Jitu Kerjai Pencuri Agar Tak Jadi Beraksi Di Rumah

keluarga kokoh

https://pexels.com

SHARE:

Oleh: Dhafintya Noorca

Agar rumah tak jadi sasaran empuk pencuri untuk beraksi, Anda bisa melakukan tips berikut:

1. Biarkan Kasur Berantakan

Pexels.com

Mungkin agak aneh, tapi membiarkan kasur dalam kondisi lusuh, justru bisa membuat rumah lebih aman. Kok bisa? Ketika pencuri mendatangi rumah target, biasanya mereka mengendus kamar tidur si empunya rumah lebih dulu. Bila kamar dalam keadaan rapih, pencuri akan menganggap rumah sedang kosong ditinggal penghuninya. Tapi bila kamarnya berantakan, malah dikira ada seseorang yang tinggal di rumah.

2. Taruh Harta di Tempat Tak Terduga

Pexels.com

Kalau biasa menyimpan harta di kamar tidur, laci, brangkas, atau bawah bantal, cobalah menggeser ke tempat yang tak diduga bila hendak meninggalkan rumah dalam waktu lama. Sebab, aksi maling sudah pasti pertama-tama akan menyambangi tempat Anda biasa menyimpan harta sepert itu.

Di mana tempat yang tidak biasa, tentu Anda yang paling tahu ceruk rumah Anda. Mungkin di bawah tangga, taman bermain anak, gudang rumah atau sudut mana yang Anda pilih. Yang terpenting, Anda harus mengingatnya dan lokasinya tak terjamah orang lain secara tak sengaja.

Baca Juga: Bila Tak Diwaspadai Sejak Dini, Gangguan Pendengaran ini Dapat Berakibat Fatal

3. Bersihkan Rumah dari Sampah

Pexels.com

Lingkungan rumah yang bersih bisa membuat pencuri mengurungkan niat jahatnya. Tapi bila dibiarkan kondisinya tak terurus, kuat dugaan maling bahwa rumah sedang tak berpenghuni atau si empunya rumah sedang pergi. Maling akan dengan bebas menjarah rumah.

 4. Kunci Pintu Rumah

Pexels.com

Bila perlu, pasang kunci pengaman pintu tambahan yang akan menyusahkan aksi pencuri yang biasanya menjebol pintu pakai linggis. Bila kesulitan membuka pintu atau jendela rumah, maling akan beringsut ke target lain.

5. Sewa Orang untuk Menjaga Rumah

Pexels.com

Cara ini boleh jadi jauh lebih aman untuk menjaga rumah selama ditinggal bepergian dalam waktu lama. Selain menjaga rumah, juga sekaligus bisa membersihkan rumah.

Baca Juga: Untuk Para Pasangan, Cegah Perselingkuhan dengan 5 Cara ini

Sosial Media