13 Agu 2017 19:00

Jangan Remehkan Tukang Bangunan, 7 Fakta Tak Terduga ini Membuka Mata Anda

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Rahmat Kurnianto

Tukang bangunan adalah salah satu profesi yang sering kita lihat sehari-hari. Mereka ada dalam setiap proyek pembangunan, ataupun pekerjaan konstruksi rumah di lingkungan sekitar. Tapi sadarkah Anda? Ternyata profesi tukang bangunan tidak bisa dipandang remeh begitu saja. Simak 7 faktanya berikut.

1. Tukang bangunan adalah profesi mulia. 

pixabay.com

Demi mewujudkan bangunan yang diidamkan, tukang bangunan rela menghadapi resiko dalam pekerjaannya sehari-hari. Mulai dari terkena paku, hingga resiko lain yang lebih besar. Mulia sekali bukan?

2. Tanpa pendidikan formal yang tinggi, tukang bangunan memiliki pengetahuan mendalam dalam bidang bahan bangunan, arsitektur, dan perawatan bangunan.

pixabay.com

Seringkali kita menemui para tukang bangunan yang tidak menempuh pendidikan formal, tetapi sangat mahir dalam pekerjaannya. Kemampuan ini didapatkan dari pengalaman dan dedikasi selama bertahun-tahun atas pekerjaannya. Salut!

3. Tukang bangunan zaman sekarang sudah menggunakan teknologi untuk mencari teknik pengerjaan bangunan terbaru.

pixabay.com

Siapa bilang tukang bangunan hanya menggunakan smartphone untuk mencari hiburan? Saat ini, sudah banyak tukang bangunan yang menggunakan gadget mereka untuk mencari teknik pengerjaan terbaru.

4. Tanpa tukang bangunan, sebagus apapun desain arsitek tidak akan terwujud.

pixabay.com

Tugas utama tukang bangunan adalah untuk mewujudkan rancangan bangunan. Tanpa mereka, rancangan para arsitek tidak bisa selesai dengan cepat, bahkan tidak terwujud sama sekali.

5. Peralatan yang sederhana tidak membatasi kemampuan para tukang bangunan, justru membuat mereka lebih kreatif dalam mencari alternatif lain.

bangunrumahmas.com

Tukang bangunan juga bisa menjadi sosok kreatif. Tanpa peralatan lengkap ataupun canggih, mereka bisa mengganti fungsinya dengan alat lain yang sederhana. Meskipun demikian, mutu yang dihasilkan tetap terjaga. Keren juga, ya?

Baca Juga : Mitos vs Fakta Seputar Kehamilan! Anda Percaya?

6. Pemerintah mengatur dan melindungi tukang sebagai bagian dari Jasa Konstruksi, tepatnya melalui UU No. 2 tahun 2017.

klikkabar.com

Saat ini, pemerintah semakin memperhatikan para tukang bangunan. Selain untuk meningkatkan kesejahteraan, hal ini juga dilakukan untuk meningkatkan daya saing para tukang bangunan Indonesia dengan negara lain.

7. Turut berperan dalam ekonomi.

pexels.com

Profesi tukang bangunan berkontribusi pada ekonomi lewat perputaran uang yang mereka kirim, terutama pada hari raya seperti Idul Fitri. Pada waktu tersebut, hasil kerja keras mereka dikirim pada sanak saudara.

Setelah mengetahui fakta-fakta tadi, ayo kita semakin menghargai profesi tukang bangunan.

Baca Juga : Menurut Psikologi, Ternyata 5 Hal ini Penyebab Seseorang Berselingkuh!

Sosial Media