12 Agu 2017 19:00

Mitos vs Fakta Seputar Kehamilan! Anda Percaya?

keluarga kokoh

instagram.com/mrsayudewi

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Kehamilan merupakan peristiwa yang membahagiakan bagi setiap ibu. Namun rupanya di masyarakat, beredar berbagai anggapan atau mitos mengenai kehamilan. Para ibu pun seringkali bingung dengan kebenaran mitos tersebut. Sebenarnya, mitos atau fakta ya?

1. Mitos bentuk perut ibu dan jenis kelamin janin. 

hindustantimes.com

Beredar anggapan bahwa perut ibu yang melebar ke samping menandakan bahwa janin berjenis kelamin perempuan, sedangkan bila meruncing ke depan menandakan janin berjenis kelamin laki-laki. Padahal sebenarnya bentuk perut ibu itu mengikuti bentuk alami tubuh ibu, lho. Jadi anggapan ini sebenarnya hanyalah mitos. 

2. Ibu hamil harus makan banyak. 

huiji.com.sg

Kenyataannya, ibu hamil tidak perlu makan sampai dua kali lipat lebih banyak. Ibu hamil hanya harus memastikan bahwa nutrisi untuk dirinya dan janin tercukupi. 

Baca Juga: Mitos vs Fakta Malam Pertama! Bagaimana Menurut Anda?

3. Tidak boleh berhubungan intim selama hamil. 

centergihealth.com

Sebenarnya, berhubungan intim selama hamil tidaklah berbahaya karena bayi terlindung antong ketuban, otot rahim yang kuat, serta lapisan lendir tebal di mulut rahim. Orgasme pun tidak menyebabkan keguguran. Namun untuk lebih aman, sebaiknya ibu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

4. Makanan pedas dapat mempercepat proses kelahiran. 

au.askmen.com

Sejauh ini, tidak ada bukti valid yang menunjukkan bahwa makanan pedas dapat mempercepat proses kehamilan. Makanan pedas hanya berpengaruh pada sang ibu, jika berlebih, ibu akan mengalami mulas, bukannya kontraksi kehamilan. 

5. Kehamilan membuat ukuran sepatu bertambah. 

pexels.com

Wanita yang hamil biasa akan mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh, termasuk telapak kaki. Jadi tidak heran bila ukuran sepatu ibu hamil akan bertambah. 

Baca Juga: Ibu Cenderung Pelupa Saat Hamil. Mitos atau Fakta ya?

Sosial Media