11 Agu 2017 15:54

Jangan Terapkan Pola Pengasuhan ini Agar Anak Tak Depresi

keluarga kokoh

Pexels.com

SHARE:

Oleh Dhafintya Noorca


Carolyn Daitch, pemilik buku Anxiety Disorder: The Go-To Guide menjelaskan tipe orang tua helikopter adalah yang menerapkan pola pengasuhan yang berlebihan pada anaknya. Umumnya, orang tua ini mengambil alih tanggung jawab pada pengalaman anak, baik kesuksesan maupun kegagalannya. Singkatnya, orang tua helikopter selalu aktif melibatkan dirinya pada kehidupan anaknya dengan cara, overcontrolling, overprotecting, dan overperfecting, sebagaimana dikutip dari parents

Ada empat alasan mengapa orang tua ikut campur dan menjadi orang tua helikopter. Yang pertama adalah karena takut akan konsekuensi mengerikan yang akan terjadi pada anak. Perasaan gelisah, khawatir anaknya akan terluka atau kecewa jadi alasan kedua. Ketiga, orang dewasa yang kurang kasih sayang dan diabaikan pada masa kecilnya punya kecenderungan untuk memberi kasih sayang berlebih pada anaknya, dan terakhir tekanan dari sesama orang tua lain.

Baca Juga: Siapkan Masa Depan Anak dengan Menghindari 5 Kalimat ini

Pexels.com

Bila dibiarkan terus menerus, tentu ada efek negatif yang ditimbulkan pada anak. Sebuah studi dari University of Mary Washington menuliskan, orang tua yang terlalu berlebihan dapat membuat anaknya merasa khawatir dan depresi. Selain itu dapat membuat runtuhnya rasa percaya diri dan harga dirinya, karena anak merasa orang tua tidak percaya pada kemampuan dirinya. Hal ini tentu membuat keterampilan diri anak menjadi tidak berkembang, karena orang tua akan selalu ada untuk membereskan masalah-masalah anak.

pexels.com

Lalu, bagaimana caranya agar Anda terhindar dari pola pengasuhan ini? biarkan anak untuk tahu bagaimana rasanya berjuang, dan bagaimana rasanya kecewa. Dan saat kesalahan itu terjadi, bantu mereka untuk mencari jalan keluarnya. Anda harus mengenali mana hal yang sesuai dengan fisik dan mental anak untuk dilakukan.

Baca Juga: Ingin Ajukan KPR? Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya!

Sosial Media