10 Agu 2017 19:00

5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Merusak Otak, Lho. Anda Sudah Tahu?

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Anda mulai sering salah mengetik, salah mendengar, ataupun cepat lupa akan sesuatu hal? Mungkin Anda perlu berhati-hati! Bukan rahasia lagi kalau Anda sedang mengalami stress maupun gangguan kesehatan dalam hidup Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai menjalankan gaya hidup sehat, misalnya dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Selain itu pun rupanya, terdapat beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari karena sebenarnya dapat merusak fungsi otak Anda. 

1. Melewatkan sarapan.

 

eatthis.com

Sarapan sering dilewatkan karena banyak hal, misalnya saja buru-buru ataupun malas. Perlu diketahui, hal ini bahaya dilakukan, lho. Tanpa sarapan, otak akan dipaksa bekerja tanpa nutrisi, sehingga dapat mengakibatkan kerja otak yang melambat dalam jangka waktu panjang. 

2. Mengabaikan rasa haus. 

poklat.com

Di sela kesibukan, seringkali kita melupakan pentingnya minum air putih. Padahal, sebagian otak manusia terdiri dari air. Ketika seseorang kurang minum dan dehidrasi, akibatnya kerja otak pun menurun. 

Baca Juga: Agar Produktif Seharian, Yuk Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Pagi Hari!

3. Kurang tidur. 

 

monthlygift.com

Jelas sekali, kurang tidur dapat menyebabkan kerja otak yang melambat seharian. Jadi, pastikan tidur cukup, ya. 

4. Jarang menggunakan otak. 

gradeslam.org

Kemalasan dapat menyebabkan otak semakin lambat dalam bekerja, lho. Untuk itu, sering-seringlah mengasah otak dengan permainan ringan, seperti TTS atau Sudoku. 

5. Terlalu banyak makan. 

proprofs.com

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk terlalu banyak makan. Makan yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam produksi insulin. Tidak hanya menyebabkan obesitas dan diabetes, namun hal ini juga dapat memperkeras arteri yang bisa berpengaruh pada fungsi mentalmu di kemudian hari.

Yakin masih mau lakukan kebiasaan-kebiasaan di atas? 

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan Waktu Mandi yang Mungkin Tidak Anda Sadari!

Sosial Media