08 Agu 2017 15:03

Tak Perlu Dumolid, Cukup Lakukan 5 Tips Sederhana Ini Untuk Usir Insomnia

keluarga kokoh

https://pexels.com

SHARE:

Oleh Dhafintya Noorca

Akhir-akhir ini, negeri ini dibuat kaget oleh seorang selebriti yang mengkonsumsi obat penenang, Dumolid. Dumolid merupakan salah satu jenis obat penenang yang termasuk ke dalam "benzodiazepine". Jenis obat-obatan ini memang berfungsi untuk mengatasi serangan panik, gejala sulit tidur atau insomnia, hingga kecemasan berat. Cara penggunannya harus berdasarkan resep dokter, jika dikonsumsi tanpa pengawasan akan menyebabkan kecanduan hingga overdosis dan kematian. Tak perlu lah Anda mengkonsumsi obat penenang untuk tidur nyenyak, cukup lakukan 5 tips sederhana ini

1. 30 menit sebelum tidur, jauhkan gadget dan cahaya lampu

cnbc.com
Sebenarnya yang membuat manusia tidak bisa tidur akhir-akhir ini adalah ketergantungannya pada gadget. Kebiasaan bergadget ria sebelum tidur, dapat menimbulkan insomnia. Banyak penelitian yang mengungkap dampak buruk bermain gadget sebelum tidur. Solusinya, matikan TV dan lampu, setel gadget pada mode airplone sebelum tidur dan letakkan jauh dari jangkauan.

2. Jadikan tempat tidur hanya untuk tidur, bukan yang lain

scientificamerican.com

Bila Anda memiliki kebiasaan melakukan segala hal mulai dari belajar, makan, hingga menonton dilakukan di atas tempat tidur, mulai saat ini kebiasaan ini harus dirubah. Kebiasaan ini akan membuat otak beranggapan bahwa kasur adalah tempat yang nyaman, sehingga insomnia dapat terjadi. Mulai sekarang, biasakan tubuh untuk makan di meja makan dan belajar di meja belajar.

Baca Juga: Gigit Balita Hingga Tewas, ini 5 Fakta tentang Anjing yang Mungkin Belum Anda Ketahui!

3. Tidurlah saat tubuh benar-benar mengantuk

Pexels.com

Bila tidak ingin membuat tubuh stress, jangan memaksa diri untuk tidur bila belum benar-benar merasa mengantuk. Bila rasa kantuk belum juga tiba, lakukan hal-hal yang melelahkan selama 30 menit sampai 2 jam sebelum tidur. Anda juga bisa membaca buku agar rasa kantuk ini segera datang.

4. Jangan tidur di sore hari

Pexels.com

Tidur di sore hari hanya akan membuat tubuh jadi kesulitan tidur di malam hari, sehingga jam tidur akan ikut mundur. Tak jarang bagi mereka yang tidur sore hari, akan merasa linglung dan susah untuk tidur lagi di malam hari.

5. Buat suasana sebelum tidur setenang mungkin

Hellosehat.com

Saat susah tidur, otak makin sibuk memikirkan bagaimana caranya agar bisa segera tidur. Padahal yang tubuh butuhkan adalah perasaan rileks. Aromaterapi dipercaya mampu menghadirkan rasa tenang tersebut. Sebelum tidur, bangun suasana setenang mungkin dengan cara membakar lilin aromaterapi. Wangi aroma lavender atau chamomile bisa jadi pilihan.

Baca juga: Yuk ke Bioskop! Ini 5 Film Rekomendasi Buat Anda di Bulan Agustus

Sosial Media