05 Agu 2017 19:00

Agar Belanja Online Aman, Perhatikan 5 Hal Ini, Ya!

keluarga kokoh

businessinsider.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Dengan teknologi yang makin berkembang, kita pun diberikan berbagai kemudahan, salah satunya adalah kemudahan dalam berbelanja. Jika dulu kita harus mendatangi sebuah toko untuk berbelanja, kini kita hanya perlu memiliki koneksi internet untuk berbelanja. Alhasil, belanja online merupakan cara belanja yang sedang digandrungi oleh masyarakat. Namun begitu, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam berbelanja online, lho. Apa saja ya kira-kira?

1. Lakukan riset terhadap situs tempat Anda berbelanja. 

chip.co.id

Pastikan bahwa penjual online Anda aman dengan melakukan riset terhadap situs tersebut. Apabila Anda kurang familiar dengan situs tersebut, Anda bisa mengeceknya di mesin pencarian, serta mencari review dari konsumen yang telah membeli di website tersebut. 

2. Jangan mudah tergoda barang murah. 

maxmanroe.com

Barang murah memang sangat menggoda, namun jangan sampai Anda gelap mata, ya. Jangan langsung jatuh hati pada barang murah. Terpenting, jangan langsung memasukkan data pribadi seperti e-mail hingga nomor kartu debit atau kredit. Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa penjual online tersebut memiliki kredibilitas. 

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan Waktu Mandi yang Mungkin Tidak Anda Sadari!

3. Pertimbangkan cara pembayaran. 

theodysseyonline.com

Sebelum membeli barang, pastikan terlebih dahulu Anda akan membayar seperti apa. Dalam transaksi online sendiri, terdapat berbagai metode pembayaran, seperti transfer, kartu kredit, maupun menggunakan PayPal. 

4. Periksa harga total. 

lifehack.org

Sama seperti ketika Anda melakukan belanja offline, saat berbelanja online, Anda perlu juga untuk memperhatikan total harga belanjaan Anda. Jangan sampai salah, ya!

5. Simpan bukti transaksi. 

anthillonline.com

Hal ini perlu dilakukan apabila tiba-tiba terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Simpanlah deskripsi produk, harga, kuantitas, dan e-mail yang Anda gunakan.

Baca Juga: Sampah jadi Uang? Simak 7 Fakta Menarik Bank Sampah Malang! 

Sosial Media