04 Agu 2017 12:00

Bunda, Ayo Bersihkan Sepon Cuci Piring dengan 6 Langkah Mudah ini

keluarga kokoh

newatlas.com

SHARE:

Oleh Dhafintya Noorca

Pada sebagian orang, sepon tidak hanya dipakai untuk mencuci peralatan makan dan perabotan dapur. Melainkan digunakan untuk membersihkan bagian-bagian dapur yang lain. Hal ini yang justru membuat bakteri dan kuman makin berkembang biak bila Anda tidak tahu cara membersihkannya. Akibatnya, peralatan dan perabotan dapur justru menumpuk bakteri di dalamnya. Agar tak jadi sarang bakteri dan kuman, ini tips yang bisa dilakukan :

1. Setelah selesai digunakan, sepon direndam dalam air panas

cnet.com

Seusai menggunakan sepon untuk mencuci piring, jangan biarkan sepon ini begitu saja. Rendam terlebih dahulu dalam air panas yang sudah dicampur cairan anti kuman selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Jangan lagi merendam sepon dalam larutan sabun cuci

goodhousekeeping.com

Kebiasaan menaruh sepon dalam larutan sabun harus dihilangkan mulai saat ini. Merendam sepon dalam sisa sabun pencuci piring justru membuat kuman dan bakteri makin berkembang biak. Setelah dipakai, keringkan sepon dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Jangan menyimpan sepon di tempat yang lembap.

Baca juga: Untuk Suami, Ini Alasan Kenapa Anda Patut Bersyukur Jika Istri Cerewet!

3. Usir bakteri dan kuman dengan larutan cuka

eatright.org

Alternatif lain untuk menghalau bakteri dan kuman berkembang biak adalah merendamnya dalam larutan cuka. Caranya mudah, cukup rendam sepon dalam larutan cuka, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Keringkan, dan spons sudah siap dipakai untuk mencuci lagi.

4. Pisahkan sepon dan ganti secara rutin

myadmin.noa.al

Pisahkan antara sepon yang digunakan untuk mencuci alat-alat makan seperti piring, sendok, gelas, dan yang dipakai untuk mencuci peralatan masak semisal wajan dan panci. Dengan begini, sepon akan lebih tahan lama untuk digunakan. Dan jangan lupa untuk mengganti sepon secara rutin ya!

Baca juga: Penelitian Mengungkap Ini Bahaya yang Timbul Dari Selembar Uang Kertas

Sosial Media