04 Agu 2017 19:00

Ingin Ajukan KPR? Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya!

keluarga kokoh

99.co

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Harga rumah yang kian tahun kian naik menjadi kendala masyarakat dalam membeli rumah. Untuk itu, Kredit Perumahan (KPR) seakan menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin segera memiliki rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar di awal. Namun rupanya, KPR memiliki kelebihan dan kekurangannya, lho. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan KPR yang wajib Anda ketahui. 

Kelebihan KPR 

intisari.grid.id

Dengan menggunakan KPR, Anda tentu mendapatkan berbagai kelebihan. 

Pertama, Anda dapat langsung menempati rumah yang Anda beli dengan menggunakan KPR. Anda pun bisa langsung mengucapkan selamat tinggal pada rumah kontrakan atau kos-kosan!

Kedua, Anda pun diringankan dengan cicilan yang diberikan KPR. Anda hanya perrlu membayar DP di awal, setelah itu, Anda dapat lanjut dengan menyicil setiap bulannya. 

Ketiga, hunian dengan KPR sudah legal dan sah secara hukum. Anda pun tidak perlu mengalami masalah hukum mengenai hal-hal yang berkaitan dengan rumah Anda di kemudian hari. 

Baca Juga: 5 Hobi Baru Ini Ampuh Buat Anda Jauh dari Smartphone

Kekurangan KPR 

rumahdijual.com

Pertama, mungkin Anda akan mengalami beban psikologis. Hal ini tentu tidak dialami oleh semua orang. Namun, kebanyakan orang akan meraskaan beban ketika menyadari dirinya memiliki hutang. 

Kedua, beban biaya yang semakin besar. Jika Anda memiliki tenor yang makin panjang, maka beban biaya yang Anda tanggung pun semakin besar, lho. Jadi pertimbangkan kembali berapa tenor yang Anda ambil dalam KPR. 

Jadi, pertimbangkan kembali ya bagi Anda yang hendak ingin membeli rumah dengan sistem KPR. Pastikan Anda telah benar-benar memperhitungkan kemampuan Anda dalam membayar KPR, serta kebutuhan Anda pada rumah itu sendiri. 

Baca Juga: Untuk Wanita Karir, Ini 5 Tips Membagi Waktu Keluarga dan Pekerjaan!

Sosial Media