01 Agu 2017 14:32

3 Bahaya Ini Mengintai Smartphone yang Diisi Daya Lewat Laptop

keluarga kokoh

jagatreview.com

SHARE:

Oleh Dhafintya Noorca

Bila daya smartphone tinggal sedikit atau makin menipis, akan cepat-cepat kita mengisi kembali dayanya agar dapat digunakan. Salah satunya adalah dengan mengisi daya melalui perangkat laptop atau komputer. Kesamaan port USB antara smartphone dengan laptop jadi salah satu alasannya. Namun tahukah Anda bila bahaya-bahaya ini mengintai smartphone yang di-charge melalui laptop?

Smartphone berpotensi rusak 

Terakopi.com

Sebenarnya potensi bahaya meng-charge baterai smartphone lewat laptop atau komputer tidak bahaya. Namun apabila dilakukan terus menerus, besar kemungkinan smartphone akan mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan aliran listrik yang mengaliri smartphone melalui port USB tidak stabil dan dayanya kecil sehingga proses pengisian daya akan lebih lama dari waktu normalnya. 

Baca Juga: Bukan Apa yang Dimakan, Ternyata Hal Ini yang Dapat Memicu Kenaikan Berat Badan

Data di smartphone rentan diretas oleh hacker

cnbc.com

Ketika smartphone dihubungkan dengan laptop, secara otomatis laptop akan menyimpan data-data penting dari smartphone. Seperti merk, nama pemilik, seri, sistem operasi, firmware, hingga chip ID smartphone. Hal ini bisa menjadi celah para peretas untuk mencuri data pribadi Anda. Selain itu bila sistem operasi yang digunakan oleh laptop atau komputer menggunakan bajakan yang sudah terinfeksi virus, resiko peretasan data juga makin besar. 

Baterai laptop berumur pendek 

trangcongnghe.com

Bila kebiasaan mengisi daya smartphone melalui laptop ini diteruskan, yang terkena bahaya bukan hanya gadget Anda melainkan laptop juga bisa terkena batunya. Baterai laptop akan lebih cepat habis, dan bila dibiarkan umur baterai laptop tidak akan panjang. Karena setiap baterai yang ada pada sebuah gadget, entah itu baterai smartphone, laptop, smartwatch, atau perangkat lainnya, pasti memiliki siklus hidup tersendiri.

Baca Juga: Perempuan Tak Perlu Khawatir Gemuk Setelah Menikah. Simak Alasannya!

Sosial Media