29 Jul 2017 19:00

Menurut Psikologi, Ternyata 5 Hal ini Penyebab Seseorang Berselingkuh!

keluarga kokoh

pexels.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Perselingkuhan memang menjadi salah satu hal umum yang ditakuti oleh banyak pasangan. Lalu, kenapa seseorang dapat nekat berselingkuh dan menyakiti hati pasangannya? Dilansir dari Psychology Today, ada 5 alasan mengapa seseorang berselingkuh, berdasarkan survei yang dilakukan Julia Omarzu, psikolog dari Loras College, bersama tim penelitinya.

1. Kurangnya kepuasan biologis dalam pernikahan, dan hasrat untuk mencari pelengkapnya.

pexels.com

Nafsu seksual sebenarnya berumur pendek, dan gairah dapat perlahan mati atau ketika masalah emosional muncul di antara pasangan. Tidak ada kesamaan di luar seks pun menjadi salah satu penyebab perselingkuhan. 

2. Kurangnya kepuasan emosional dalam rumah tangga.

pixabay.com

Kepuasan emosional rupanya sama pentingnya dengan kepuasan seksual. Banyak dari pasangan yang berselingkuh mengaku bahwa mereka tidak mendapatkan kepuasan emosional dari pasangan mereka. 

Baca Juga: Bukan Kekayaan, Ternyata Ini yang Diharapkan Istri dari Suami!

3. Keinginan untuk mendapatkan penghargaan dari orang lain. 

pixabay.com

Dalam penelitian Susan Berkowitz pada pria yang berhenti berhubungan seks dengan pasangannnya, 44% mengatakan mereka merasa marah, dikritik, dan tidak penting dalam pernikahan mereka. M.Gary Neuman menemukan bahwa 48% pria melaporkan ketidakpuasan emosional sebagai alasan utama untuk berselingkuh. Rupanya, mereka membutuhkan penghargaan dari orang lain. 

4. Sudah tidak mencintai pasangan dan ingin mendapatkan cinta dari orang lain. 

pexels.com

Tidak adanya rasa cinta ini merupakan dampak dari kepuasan seksual dan kepuasan emosional yang tidak dapat terpenuhi dalam suatu hubungan. Sebagai jalan keluar, akhirnya, seseorang memutuskan untuk mencari cinta dari orang lain yang sekiranya dapat memberikan kepuasan secara seksual dan emosional bagi mereka. 

5. Balas dendam. 

pexels.com

Terkadang, seseorang berselingkuh karena ingin melakukan balas dendam. Mereka tidak mampu menahan amarah dan akhirnya memutuskan untuk membalas dendam tanpa memikirkan perasaan pasangannya. 

Baca Juga: Tanpa Selingkuh, 4 Kesalahan ini Bikin Pernikahan Berantakan

Sosial Media