27 Jul 2017 16:50

5 Hal yang Bisa Ibu Lakukan Bersama Bayinya di 24 Jam Pertama Setelah Melahirkan

keluarga kokoh
SHARE:

Bayi yang diberi ASI akan lebih sehat dan mencapai pertumbuhan serta perkembangan yang optimal bila dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula. Menyusui adalah cara alamiah yang direkomendasikan untuk diberikan kepada semua anak, walaupun makanan buatan dapat dibeli, air bersih tersedia, lingkungan yang bersih dan baik untuk menyiapkan dan memberi susu formula tersedia.

Dalam 24 jam pertama seusai melahirkan, ini yang bisa ibu lakukan bersama bayinya, sebagaimana dilansir dari Buku Penuntun Hidup Sehat yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan :

1. Segera lakukan kontak fisik dengan bayi

cloudinary.com

Bayi baru lahir harus segera diletakkan di dada ibunya untuk dipeluk setelah dilahirkan. Bayi harus mendapatkan kontak kulit dengan ibunya dan bayi mulai menyusu dalam satu jam pertama setelah lahir. Kontak kulit ibu dengan bayinya dan kemudian menyusui ASI segera setelah melahirkan, akan merangsang produksi ASI. Menyusui juga akan membantu kandungan ibu mengecil, yang berarti akan mengurangi risiko perdarahan besar atau infeksi dan membantu mendorong ari-ari keluar.

Baca juga: 5 Hobi Baru Ini Ampuh Buat Anda Jauh dari Smartphone

2. Ini manfaat pentingnya kandungan kolostrum pada ASI

republika.co.id/

Kolostrum, air susu kental berwarna kekuning-kuningan yang diproduksi oleh ibu pada hari pertama melahirkan dan beberapa hari berikutnya, merupakan makanan paling sempurna untuk bayi baru lahir. Kolostrum tersebut bernilai gizi tinggi, dan penuh dengan antibodi yang melindungi bayi terhadap infeksi.

3. Mengapa pemberian ASI penting? Ini jawabannya

theasianparent.com

Bayi baru lahir tidak memerlukan makanan atau minuman lain kecuali ASI. Memberikan makanan atau minuman lain kepada bayi baru lahir, berakibat mengurangi produksi ASI. Selain itu dapat mengakibatkan diare atau penyakit infeksi lainnya. Susu yang diproduksi ibu, kaya akan gizi dan sangat cocok untuk bayi baru lahir. Bayi harus disusui sesering mungkin sebanyak yang ia minta.

4. Sebisa mungkin ibu dan bayi jangan berjauhan

Pexels.com

Sangat dianjurkan bayi yang baru lahir untuk tidur bersama ibunya dalam satu kamar yang sama. Jika seorang ibu melahirkan di sebuah Rumah Sakit atau Klinik, maka ibunya dianjurkan berada dekat dengan bayinya selama 24 jam. Ia harus meminta dengan sungguh-sungguh kepada petugas RS atau klinik agar bayinya tidak diberi susu formula, atau air atau cairan lainnya selain ASI.

Baca juga: 6 Spot Foto Instagramable Kece di Yogyakarta, Anda Tertarik?

Sosial Media