25 Jul 2017 19:00

Kembali Langsing Seperti Artis, Ini Cara Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan!

keluarga kokoh

instagram.com/chelseaoliviaa

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy

Kebahagiaan pasti menyelimuti setiap ibu yang baru saja melahirkan. Namun rupanya, berat badan yang bertambah pun menjadi salah satu masalah yang banyak dialami oleh wanita setelah melahirkan. 

Berikut adalah cara menurunkan berat badan secara alami setelah melahirkan. 

1. Menyusui

sehatplan.com

Selain baik untuk tumbuh kembang bayi, rupanya menyusui memiliki dampak yang positif pula bagi ibu, yaitu menurunkan berat badan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa dengan menyusui, ibu dapat membuang 200-500 kalori di tubuhnya, yang setara dengan olaharaga lari atau bersepeda selama 1-2 jam. 

2. Olahraga

pixabay.com

Untuk membakar lemak yang tertimbun di tubuh pasca melahirkan, ibu bisa melakukan olahraga untuk membakar lemak dan kembali memiliki bentuk tubuh yang ideal. Namun pastikan bahwa Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu olahraga yang aman untuk Anda, terutama bagi ibu yang melahirkan dengan caesar. 

3. Mengubah kebiasaan makan

pexels.com

Makan 3 kali sehari dengan porsi komplit rupanya lebih baik daripada makan sekali lalu mengkonsumsi cemilan atau makanan manis berkali-kali. Pastikan pula gizi Anda tercukupi agar ASI dan kesehatan Anda dapat terjaga dengan baik. 

Baca Juga: Bukan Kekayaan, Ternyata Ini yang Diharapkan Istri dari Suami!

4. Target realistis

pixabay.com

Jangan membuat target menurunkan berat badan yang terlalu besar, yang pada akhirnya membuat Anda menyerah. Buatlah target yang realistis dan dapat Anda capai sehingga Anda semakin termotivasi menurunkan berat badan. 

5. Tidur yang cukup

pexels.com

Setelah melahirkan, mungkin Anda kesulitan mendapatkan tidur yang cukup karena harus merawat bayi Anda. Namun rupanya, tidur yang kurang dapat menghalangi Anda dalam menurunkan berat badan. Pastikan bahwa tidur Anda cukup. 

Jadi, bagaimana? Tidak susah kok mendapatkan bentuk tubuh yang ideal lagi setelah melahirkan. Asalkan ada niat dan disiplin, ya. 

Baca Juga: 5 Ilustrasi Pola Asuh Anak yang Bisa Membuat Anda Kembali Merenung

Sosial Media