21 Jul 2017 13:19

Bayi Anda Suka Memasukkan Benda ke Mulut? Lakukan Hal Berikut

keluarga kokoh

https://www.pexels.com

SHARE:

Bayi suka memasukan benda ke mulut adalah suatu hal yang wajar. Orang tua tidak perlu khawatir, karena ini adalah tahapan yang pasti dilalui oleh bayi. Bahkan menurut beberapa penelitian, itu adalah prasyarat untuk menjadi bayi cerdas. Bukan makanan saja yang bayi masukkan ke dalam mulutnya, bisa tangan, mainan, jempol kaki bahkan sepatu bisa masuk ke dalam mulutnya.

Agar tahapan perkembangan ini tidak menjadi hal yang membahayakan tubuhnya, Buku Penuntun Hidup Sehat yang disusun oleh Kementerian Kesehatan RI menuliskan ini hal-hal yang bisa orang tua lakukan:

1. Anak kecil suka memasukkan benda ke dalam mulutnya. Jauhkanlah benda-benda kecil dari jangkauan anak-anak agar tidak tertelan.

2. Anak kecil suka memasukkan benda ke dalam mulut oleh karena itu benda-benda kecil seperti: kancing, manik-manik, uang logam, biji-bijian dan kacang harus dijauhkan dari jangkauan mereka agar tidak tertelan.

Baca juga: Untuk Wanita Karir, Ini 5 Tips Membagi Waktu Keluarga dan Pekerjaan!

3. Anak kecil jangan diberi kacang, permen yang keras atau makanan bertulang atau berbiji.

4. Anak kecil perlu diawasi pada waktu makan. Sebaiknya makanan anak dipotong-potong atau dihaluskan.

5. Periksa mainan anak agar tidak ada bagian yang bisa melukai atau tertelan.

6. Batuk, tersedak, dan nafas berbunyi atau tak bersuara sama sekali adalah tanda akibat menelan sesuatu, hal ini dapat membahayakan.

Baca juga: Pendingin Ruangan, Sehatkah atau Justru Bahaya Bagi Kesehatan ?

 

Sosial Media