21 Jul 2017 19:00

Sudah Tahu? Ini 4 Fakta tentang Situs Pencarian Ramah Anak Kiddle.co!

keluarga kokoh

itsadamagain.co.uk

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy 

Kiddle.co seakan menjawab keresahan para orangtua terhadap kebutuhan anak terhadap situs pencarian yang aman. Mesin pencarian ini secara otomatis akan menyaring berbagai hasil pencarian sehingga dapat ramah bagi anak-anak. Meski begitu, terdapat beberapa kontroversi mengenai situs pencarian Kiddle.co. 

Berikut 4 fakta tentang Kiddle.co yang wajib Anda ketahui. 

1. Kiddle didukung langsung oleh fitur Google Safe Search.

 

webscripts.softpedia.com

Dengan menggunakan fitur Google Safe Search, situs pencarian Kiddle.co akan menyaring berbagai informasi yang beredar. Hasil pencarian yang muncul di Kiddle.co pun konten yang ramah dan mudah dibaca oleh anak-anak. Selain itu, Kiddle.co juga menyaring berita yang sekiranya mengandung informasi yang berbahaya bagi anak-anak, misalnya konten pornografi, SARA, dan sebagainya. 

2. Kiddle bukanlah anak perusahaan Google Inc. 

 

hindustantimes.com

Meskipun memiliki warna logo Kiddle identik dengan logo Google, namun keduanya tidak mengkonfirmasi kerjasama keduanya. Kiddle pun tidak diklaim sebagai anak dari Google.Inc. 

Baca Juga: Berapa Usia yang Tepat Memberikan Gadget Pada Anak? Ini Saran Bill Gates

3. Kontroversi Kiddle dan LGBT.

 

itsadamagain.co.uk

Terdapat beberapa isu mengenai Kiddle.co yang beredar di masyarakat, salah satunya adalah Kiddle.co yang dianggap sebagai jaringan LGBT. Hal ini terjadi karena Kiddle.co yang memblokir kata 'LGBT' di mesin pencariannya. Namun rupanya, tindakan Kiddle.co ini menuai protes dari masyarakat. Untuk itu, akhirnya Kiddle.co membuka blokir tersebut. Namun hasil pencarian mengenai LGBT lebih mengarah pada penyelesaian masalah diskriminasi, pelecehan, dan intimidasi yang berkaitan dengan orientasi seksual dan gender.  

4. Akurasi filter Kiddle tidak 100 persen benar.

 

thenextweb.com

Meskipun ramah anak, situs pencarian Kiddle.co tidak 100 persen benar-benar menjamin konten yang ada. Kiddle.co hanya berusaha untuk menguguhkan konten yang ramah anak. Untuk itu, pendampingan orangtua masih penting untuk dilakukan untuk memastikan konten yang dikonsumsi anak aman. 

Jadi meskipun telah ada situs pencarian ramah anak Kiddle, pastikan Anda tetap mendampingi anak saat berselancar di internet. 

Baca Juga: Waspada Bullying! Orang Tua Harus Lakukan 5 Hal ini

Sosial Media