20 Jul 2017 16:07

Agar Tak Kosong di Akhir Bulan, ini 7 Tips Atur Keuangan Ala Mahasiswa

keluarga kokoh

https://images.pexels.com

SHARE:

Mengatur keuangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih untuk seorang mahasiswa yang masih mengandalkan kiriman dari orang tua. Tidak ada dana tambahan bila Anda tidak bekerja, namun sebenarnya dana tambahan ini bisa didapat bila sedikit kreatif seperti berjualan atau bekerja freelance. Tapi kembali lagi, sebanyak uang yang didapat bila tidak diatur dengan baik, akan berakhir dengan kantong kosong di akhir bulan. Ini 5 tips yang bisa diterapkan sebagaimana dilansir dari clarkhoward:

Baca Juga : Tahun Ajaran Baru? Ini 3 Pos Keuangan yang Wajib Dipenuhi
    
1. Keluarkan sedikit, dari yang didapatkan

Pexels.com

Walaupun terlihat mudah dilakukan dan sulit dilakukan, makin sedikit menghabiskan uang jajan, akan semakin baik hal ini untuk hidup Anda. Agar memudahkan, catat semua pengeluaran dan pemasukan dalam sehari untuk tahu pos mana yang perlu dipangkas.

2. Jangan lupa, ada uang kuliah yang menanti

Pexels.com

Meskipun beberapa anak masih mengandalkan kiriman uang kuliah dari orang tua, jangan lupa untuk mengingatkan mereka sebelum jatuh tanggalnya. Biasanya anak kuliahan membayar uang kuliah tiap 6 bulan sekali atau semester. Kalau membayar uang kuliah dengan uang sendiri, jangan lupa untuk menabungnya.

3. Kenali mana keinginan dan mana kebutuhan

Pexels.com

Bertanggung jawab pada uang bukan berarti tidak bisa bersenang-senang dengan uang lho! Tapi lebih bagaimana uang ini dialokasikan kepada pos yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Usia mahasiswa adalah usia dimana ia terbuka akan hal-hal yang baru, dan disaat yang sama ia harus memutuskan pilihan untuk dirinya sendiri.

4. Teliti dari sekarang atau menyesal kemudian?

Pexels.com

Bagaimana pola mengatur keuangan di awal usia 20-an menjadi sangat penting jika mau dipelajari. Karena hal ini akan berdampak pada keuangan pada 10 – 15 tahun ke depan. Banyak anak muda mengadopsi pola pikir bila mereka akan menabung nanti bila ada uang, namun nanti itu tidak akan pernah datang.

5. Kenali pengeluaran-pengeluaran dasar

Pexels.com

Mungkin Anda akan merasa tidak ada lagi ruang untuk bersenang-senang setelah semua rancangan pengeluaran telah ditulis. Ingatlah, tidak selamanya harus terpaku pada pengeluaran-pengeluaran itu. Seperti alokasi untuk membeli paket data bisa dikurangi, atau belanja bulanan di tempat yang harganya jauh lebih miring.

Baca Juga : 5 Peluang Bisnis Sampingan Menggiurkan yang Bisa Dilakukan Sendiri Tanpa Karyawan

Sosial Media