20 Jul 2017 19:00

Waspada Bullying! Orang Tua Harus Lakukan 5 Hal ini

keluarga kokoh

parents.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy

Bullying menjadi kasus yang seakan tak henti-hentinya mengganggu perkembangan anak. Akhir-akhir ini saja, telah terjadi 2 kasus bullying yang menghebohkan masyarakat Indonesia. Kasus bullying di Mall Thamrin City melibatkan anak SMP yang membully temannya sendiri. Selain itu, terdapat kasus bullying Gunadharma dengan korban seorang anak berkebutuhan khusus. 

Untuk orang tua, berikut adalah pelajaran yang dapat Anda berikan pada anak agar dapat terhindar dari praktek bullying. 

1. Ajarkan pada anak bahwa bullying adalah hal yang tidak benar. 

bewiser.ie

Pastikan bahwa anak Anda paham bahwa tindakan kasar, baik secara verbal maupun nonverbal merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. Jangan sampai anak Anda mengalami bullying, namun menganggapnya sebagai hal normal.

2. Buat anak nyaman untuk selalu bercerita dengan Anda. 

 

bewiser.ie

 

Buatlah hubungan Anda dengan anak Anda senyaman mungkin, sehingga anak dapat bercerita dengan Anda selayaknya teman. Hal ini penting dilakukan agar Anda selalu tahu hal apa saja yang terjadi pada anak, termasuk bullying

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Ini Membuat Anak Ilfil pada Orang Tuanya

3. Pastikan Anda tidak membuat anak merasa akan kehilangan temannya.

 

parentmap.com

 

Terkadang, anak merasa takut akan kehilangan temannya ketika ia melaporkan kasus bullying yang dialaminya. Anak takut akan dikucilkan. Pastikan bahwa Anda memberikan pengertian, bahwa Anda tidak akan membuatnya kehilangan teman. Anda hanya menjauhkannya dari pergaulan yang salah. 

4. Bertindak cepat jika anak terindikasi mengalami bullying

thoughtcatalog.com

Jika Anda merasa anak Anda mengalami bullying, maka Anda harus bertindak cepat. Jika mengalami bullying di sekolah, Anda harus melaporkan tindakan ini pada pihak sekolah serta memantau perkembangan tindakan yang dilakukan oleh sekolah. 

5. Jangan sampai anak mengatasi masalah bullying sendirian. 

instagram.com/babymoonella

Hal yang paling penting, jangan sampai anak mengatasi masalah bullying yang ia alami sendirian. Anda serta pihak lain yang bersangkutan harus turun tangan dalam mengatasi kasus bullying yang terjadi pada anak. 

Baca Juga: Berapa Usia yang Tepat Memberikan Gadget Pada Anak? Ini Saran Bill Gates

Sosial Media