17 Jul 2017 19:00

Ingin Janin Sehat? Hindari 4 Pekerjaan Rumah Tangga ini!

keluarga kokoh

instagram.com/atiqahhasiholan

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy

Meskipun sedang hamil, seorang ibu seringkali tetap direpotkan dengan berbagai kegiatan rumah tangga. Ibu hamil sebenarnya tetap boleh untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, namun rupanya, ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang berbahaya bagi ibu hamil.

Berikut adalah pekerjan rumah tangga yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. 

1. Mengangkat beban berat.

moovingmatters.com

Memindahkan atau mengangkat beban berat merupakan kegiatan yang harus dihindari oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko keguguran hingga kelahiran prematur. Penelitian menemukan bahwa ibu hamil yang mengangkat beban berat saat hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi. 

2. Menggunakan produk dengan zat kimia.

shop.guisapet.com

Ibu hamil sebaiknya menghindari pembersih rumah tangga yang mengandung zat kimia. Beberapa pembersih mengandung glycol ethers yang diketahui dapat meningkatkan risiko saat kehamilan. 

Baca Juga:Semua Pemimpin Sukses Pasti Punya 4 Kualitas ini! Kira-kira Anda Termasuk?

3. Membersihkan tempat sampah atau binatang peliharaan.

angieslist.com

Tempat sampah atau kandang binatang adalah kegiatan yang harus dihindari ibu hamil selanjutnya. Kegiatan ini dapat menyebabkan taksoplasmosis. Infeksi ini berbahaya bagi janin karena menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan otak.

4. Mengepel lantai.

builddirect.com

Kegiatan mengepel lantai, tubuh seseorang akan condong ke depan sehingga dapat meningkatkan risiko linu dan nyeri saraf. Selain itu, posisi seperti ini dapat menekan janin yang berada di kandungan ibu. 

Baca Juga: Benar Banget! Ini Dia 5 Ilustrasi Perbedaan Sebelum dan Sesudah Anda Menikah

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting dan kritis bagi seorang ibu. Menjaga kesehatan janin sambil terus menjaga kesehatan tubuhnya sendiri bukan hal yang mudah. Meskipun demikian, beberapa poin di atas dapat menjadi panduan sederhana yang mudah diterapkan oleh para ibu hamil di Indonesia.

Sosial Media