15 Jul 2017 19:10

Susah Tidur? Ternyata 4 Masalah Mental ini Penyebabnya!

keluarga kokoh

jornalismodeboteco.com

SHARE:

Oleh: Evelyn Davsy

Sering terbangun di malam hari? Mungkin sebagian orang menganggap bahwa ini adalah hal yang biasa saja terjadi. Namun jika hal ini sering terjadi, Anda patut waspada. Ternyata, jam bangun Anda di malam hari dapat dipengaruhi oleh kondisi emosional yang Anda alami. 

Terbangun antara jam 11 malam hingga jam 1 pagi: Anda punya masalah akan penghargaan pada diri sendiri.

http://thoughtcatalog.com

Jika Anda sering kesulitan tidur pada jam-jam ini, bisa jadi Anda sedang meragukan diri Anda sendiri. Menurut Chinese Medicine Body Block, dikecewakan oleh orang yang dicintai juga menyebabkan Anda mengalami sulit tidur di jam-jam ini. Untuk mengatasinya, Anda harus dapat meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri, misalnya dengan membaca buku-buku pengembangan diri.

Terbangun antara pukul 01.00 - 03.00: Anda punya rasa bersalah dan kemarahan.

theodysseyonline.com

Menurut Chinese Organ Body Clock, rasa bersalah dan kemarahan adalah penyebab Anda terbangun pada jam-jam ini. Misalnya saja, Anda sedang memiliki masalah dengan pasangan. Untuk mengatasinya, Anda dapat melepaskan rasa marah Anda dan mengganti cara pandang Anda terhadap suatu masalah agar Anda dapat menyelesaikannya dengan baik.

Baca Juga: Agar Produktif Seharian, Yuk Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Pagi Hari!

Terbangun antara pukul 03.00 - 05.00: Anda diam-diam punya rasa duka dan sedih.

parade.com

Rasa duka dan sedih seperti patah hati, serta ditinggal oleh orang yang dicintai bisa jadi merupakan penyebab Anda terbangun pada jam-jam ini. Untuk itu, Anda dapat mencurahkan isi hati Anda dengan orang-orang terdekat yang Anda percaya. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak. 

Terbangun antara pukul 05.00 - 07.00: Anda merasa terjebak dalam hidup.

the-dame.com

Jika Anda merasa hidup tidak berkembang dan stagnan, mungkin Anda akan terbangun pada jam-jam ini. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan hal-hal di pagi hari yang dapat membuat hati bahagia, dan membuat rencana untuk sehari tersebut. Meditasi dan mendengarkan musik kesukaan pun juga dapat Anda lakukan.

Kalau Anda masih belum yakin sebenarnya biasanya jam berapa kamu terbangun, kamu dapat meletakkan catatan kecil dan pensil dimana kamu bisa menuliskan waktu dimana biasanya kamu terbangun.

Dengan hal tersebut, Anda dapat mengetahui penyebab gangguan tidur Anda dan mengatasinya. Tidur nyenyak pun dapat Anda peroleh.

Baca Juga: Ampuh! Ini 5 Cara Meredakan Nyeri Gigi Tanpa ke Dokter Gigi

Sosial Media