15 Jul 2017 11:26

Tahun Ajaran Baru? Ini 3 Pos Keuangan yang Wajib Dipenuhi

keluarga kokoh

https://images.pexels.com

SHARE:

Masa masuk sekolah tinggal beberapa hari lagi. Masa-masa liburan sekolah akan segera usai. Keluarga akan kembali ke rutinitas awal, dan orang tua harus bekerja ekstra giat lagi karena keuangan di tahun ajaran baru biasanya akan membeludak. Sebenarnya hal ini bisa diantisipasi bila Anda sudah tahu triknya. Apa sajakah itu? Ini informasinya:

1. Uang saku

Pexels.com

Baca juga: Ternyata Hanya Mencium Aroma Makanan Bisa Picu Kenaikan Berat Badan

Uang saku adalah salah satu pos keuangan yang wajib Anda alokasikan di tahun ajaran baru. Makin tinggi jenjang sekolah anak, biasanya makin tinggi pula uang saku yang dibutuhkannya. Karena barang tentu beberapa sekolah menerapkan sistem full day yang mengharuskan anak Anda berada di sekolah hingga sore hari. Belum lagi bila ia mempunyai jadwal belajar atau les diluar jam sekolah. Agar lebih hemat, Anda bisa membakannya bekal berupa makanan, agar ia tak banyak jajan di sekolah. Selain itu dengan membawa bekal, Anda tidak khawatir asupan gizinya.

2. Seragam, perlengkapan, dan peralatan sekolah

Pexels.com

Seragam, buku pelajaran, buku tulis hingga alat-alat tulis jadi perlengakapan ’perang’ anak saat di sekolah. Pos pembiayaan nomer dua ini sifatnya tidak terduga, walaupun sebenarnya bisa diprediksi. Misal saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di LKS (Lembar Kerja Siswa), biasanya siswa akan diminta untuk membelinya di sekolah. Atau bila tiba-tiba seragamnya sudah tidak muat lagi.

3. Iuran sekolah

Pexels.com

Khusus untuk pos yang ini, jumlah uang yang disiapkan cukup besar dan dibayarkan tiap satu semester. Kisarannya pun beragam, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Agar tak terlalu berat, biaya iuran sekolah ini bisa dicicil sejak jauh-jauh hari. Atau Anda bisa merencanakannya melalui tabungan pendidikan yang dimiliki beberapa bank.

Baca juga: Stop Kebiasaan Mengikat Karet Rambut di Pergelangan Tangan! Ini Bahayanya

Sosial Media