11 Jul 2017 16:31

Rumah Terkesan Gelap? Terangi dengan Tips Berikut

keluarga kokoh
SHARE:

Pagi hingga siang hari rumah tinggal yang memiliki banyak akses untuk terang alami dapat memanfaatkan terang alami untuk mendukung berbagai kegiatan di dalam rumah. Tetapi ketika langit mendung atau malam telah tiba, setiap rumah tinggal mutlak memerlukan pencahayaan buatan. Oleh karena itu, setiap rumah harus mengaplikasikan pencahayaan buatan secara tepat agar dapat mendukung berlangsungnya setiap aktivitas. Tidak hanya memberikan penerangan, cahaya buatan juga berpotensi menciptakan suasana (ambience) tertentu serta berfungsi sebagai elemen dekoratif yang memperindah interior maupun eksterior rumah.

Baca Juga: Penelitian Terbaru Mengungkap Ini Warna Asli Patung Liberty

Ada beragam jenis dan sistem pencahayaan buatan. Kenali masing-masing dengan baik agar Anda dapat mengaplikasikannya secara tepat di rumah Anda. Menurut fungsinya dikenal empat jenis pencahayaan buatan sebagai berikut.

General lighting

pexels.com

General ligthing merupakan penerangan umum untuk menerangi seluruh ruang secara merata sehingga tiap penjuru ruang terlihat. Untuk tujuan itu bisa dipasang satu atau lebih titik lampu. Umumnya pada plafon dengan kekuatan memadai, bisa berupa TL, lampu gantung (pendant lamp).

Task lighting

pexels.com

Jenis penerangan ini adalah bentuk penerangan terarah untuk membuat area tertentu lebih terang dan mendukung berlangsungnya suatu aktivitas, seperti menulis, menjahit, dan memasak. Misalnya berupa desk lamp pada meja kerja, table/standing lamp pada ruang baca.

Accent lighting

brighterconnectioninc.com

Jenis penerangan ini merupakan penerangan khusus untuk suatu objek agar tampak menonjol (menjadi aksen). Misalnya penggunaan spotlight untuk menyorot lukisan, atau patung.

Decorative lighting

pexels.com

Decorative lighting merupakan pencahayaan yang ditujukan untuk menambah nilai estetika atau menyempurnakan dekorasi ruang. Keindahan dapat hadir lewat desain lampu atau ambience yang tercipta dari warna maupun kekuatan lampu. Ketiga jenis penerangan di atas berpotensi sebagai decorative lighting.  

Baca Juga: Bukan Hanya Anak yang Butuh Persiapan Masuk Sekolah, Orang Tua Juga Lho

Sosial Media