10 Jul 2017 14:12

Bukan Hanya Anak yang Butuh Persiapan Masuk Sekolah, Orang Tua Juga Lho

keluarga kokoh

huffpost.com

SHARE:

    Hari pertama sekolah akan segera dimulai dalam beberapa hari saja. Bukan hanya anak yang butuh persiapan, orang tua juga perlu lho! Bagi orang tua yang baru menyekolahkan anaknya di tahun ini, pasti akan penuh banyak kejutan. Tapi bagi mereka yang sudah bertahun-tahun menghadapi tahun ajaran baru, tentu bukan hal baru ketika anak menangis di hari pertamanya, atau berbelanja berbagai keperluan sekolahnya. Agar tak terburu-buru, lakukan ini sebagai persiapan:

Bantu anak untuk mempersiapkan keperluan sekolahnya

Daily Express

Masuk sekolah butuh persiapan yang cukup banyak. Mulai dari seragam, kaos kaki, topi, dasi, buku pelajaran, hingga sepatu. Bila usianya sudah cukup besar, ingatkan anak untuk mempersiapkan perlengkapan sekolahnya agar keesokan paginya tak terburu-buru. Biasanya beberapa sekolah belum memiliki jadwal pelajaran di hari pertama sekolah, minta anak untuk membawa buku pelajaran secukupnya saja.

Baca juga: Cara Membangun Mood dengan Desain Interior yang Tepat

Siapkan bekal sebelum berangkat sekolah

Katalogibu

Buatkan sarapan untuk anak, dan sempatkan waktu untuk makan pagi bersama. Selain agar anak lebih berenergi saat di sekolah, sarapan bersama dapat membuat keluarga makin hangat. Lewat momen ini pula Anda bisa membicarakan mengenai persiapan di hari pertamanya sekolah, tentang bagaimana ia akan berhadapan dengan teman dan pengajar yang baru.  

Mengantar ke sekolah

Dahsyat
Mulai tahun 2016 lalu, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menghimbau para orang tua untuk mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah. Hari Pertama Sekolah menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan.

Bila anak menangis, biarkan guru yang menenangkan

Makeitbetter

Tempat yang sama sekali baru baginya dan orang-orang yang belum dikenalnya dapat memberikan ketakutan sendiri bagi anak. Tak jarang beberapa anak akan menangis bila berpisah dengan orang tuanya saat sekolah, dan tak jarang orang tua akan kembali dan menenangkannya. Jangan segera kembali ke dalam kelas jika mendengar anak memanggil-manggil. Biarkan guru menangani anak Anda dan berikan waktu anak untuk mengenal guru dan kawannya.

Baca juga: Tampak Bersih dan Elegan, Ini 5 Cara Tepat untuk Mendesain Rumah dengan Warna Putih

Sosial Media