08 Jun 2017 15:48

Mau Rumah Jadi Lebih Terang dengan Limpahan Cahaya Alami? Ini Tipsnya

keluarga kokoh
SHARE:

    Skylight merujuk pada bagian atap yang didesain khusus dengan material transparan sehingga memungkinkan masuknya cahaya alami ke dalam bangunan. Skylight mendukung gerakan hemat energi serta memberikan berbagai keuntungan. Kenali lebih jauh dan mulailah mengaplikasikan skylight pada rumah Anda! 

    Skylight terutama berguna untuk memanfaatkan sebanyak mungkin terang alami sehingga ruangan senantiasa terang tanpa harus menggunakan pencahayaan buatan. Selain fungsi utama tersebut, skylight juga memberikan beragam manfaat berikut.

    • Cahaya alami dari skylight membuat ruang terkesan lebih lapang dan juga lebih higienis.

    • Secara tidak langsung skylight menambah keindahan ruang dalam. Efek dari berkas pantulan cahaya matahari menciptakan beragam suasana ruang sesuai intensitas cahaya. Skylight dengan bentuk dan material tertentu juga dapat memberikan tampilan menarik. Misalnya, keindahan yang unik dan khas dari skylight kaca patri/hias.

    • Tipe skylight yang bisa dibuka akan membebaskan masuknya udara segar dan juga mereduksi tingginya tingkat kelembaban dalam ruang, seperti pada area kamar mandi.

    • Skylight yang cukup lebar dan jernih memungkinkan kita untuk menikmati view/panorama langit dari dalam rumah.

Material dan penempatan skylight

    Secara konvensional skylight dibuat dengan cara mengganti atap genteng biasa dengan genteng kaca; atap seng dengan lembaran fiberglass, atau bisa juga merancang jendela kaca pada atap. Dalam perkembangannya skylight dibuat secara manufaktur berupa unit skylight dalam berbagai bentuk—persegi, persegi panjang, segitiga, piramida, oval, dll—dan juga bentuk tabung. Pilihan bentuk biasanya disesuaikan dengan lokasi dan kemiringan atap.

    Ada berbagai material yang sesuai untuk skylight, di antaranya kaca polos, kaca film, fiberglass, plastik, dan akrilik. Tampilan skylight dapat dipilih jernih/polos, buram, atau bisa juga memodifikasinya dengan kaca patri untuk menambah nilai estetika. Untuk mengurangi efek buruk sinar matahari, beberapa produsen melengkapi skylight dengan lapisan UV protector.  

    Pada hunian, Anda bisa menempatkan skylight di atas area mana pun sesuai kebutuhan dan selera. Misalnya, di atas ruang duduk, ruang kerja/galeri, ruang tidur, pantry/ruang makan, area tangga, kamar mandi, di loteng, atau di atas taman dalam ruang (indoor garden). Buatlah agar skylight dapat menerangi bagian ruang yang tidak terjangkau cahaya yang masuk dari bukaan pada dinding. Sesuaikan ukuran atau jumlahnya menurut kebutuhan. Sebaiknya tidak berlebihan karena dapat menimbulkan efek silau dan meningkatnya suhu ruang terutama jika tidak berventilasi. Atau pilihlah skylight tipe krepyak/daun jendela untuk mengurangi efek panas.    

 

Sosial Media