22 Mei 2017 14:22

Serba-serbi Ayah ASI

keluarga kokoh

-https://www.instagram.com/aimi_purwokerto/

SHARE:

    Tidak ada definisi yang pas untuk mendefinisikan apa itu ayah ASI. Namun pada intinya ayah ASI adalah suami yang selalu memberikan dukungan pada istrinya saat memberikan ASI eksklusif pada anaknya. Salah satu faktor yang mendukung ASI lancar adalah adanya dukungan dari suami. Peran ayah ASI menjadi penting bagi keberhasilan ibu menyusui. Meskipun tidak ada aturan baku untuk menjadi ayah ASI, empat tips menjadi ayah ASI ini bisa diterapkan.

Selalu dukung istri saat sedang menyusui

    Bagi seorang ibu, menyusui adalah pekerjaan yang cukup berat. Jadi jangan lupa untuk selalu mendukungnya kapanpun dan dimanapun istri berada. Saat istri sedang menyusui si kecil, ayah bisa membawakan segelas air maupun bantal untuknya. Ayah juga bisa membantu menepuk-nepuk punggung anak agar bersendawa seusai minum ASI.

Skin to skin contact? Kenapa tidak?

    Meskipun frekuensi skin to skin contact antara ayah dengan anak bisa dibilang cukup kecil dibanding ibu, namun hal ini tetap penting untuk dilakukan. Pelukan, memandikan si kecil sampai membacakan cerita untuk si kecil sebelum tidur adalah waktu skin to skin yang cukup efektif bagi ayah untuk membentuk ikatan dengan anak.

Play time dengan si kecil jangan terlupa

    Selalu sempatkan waktu untuk play time dengan anak di tengah-tengah kesibukan kerja. Semakin sering ayah dan anak menghabiskan waktu bersama, makin besar pula rasa percaya diri ayah untuk mempercayai dirinya bahwa ia adalah suami yang siaga dan ayah yang dekat dengan anaknya.

Ayah juga bisa kok menyusui !

    Bila menyusui secara langsung atau memompa hanya berlaku untuk ibu, ayah juga bisa lho menyusui si kecil. Caranya? Kenalkan bayi untuk meminum melalui botol bila usianya dirasa cukup. Anda bisa memberikan asi yang telah dipompa dan dimasukkan ke dalam botol lalu meminumkannya pada anak. Jangan khawatir bila bayi memerlukan waktu lama untuk berkenalan dengan dot, karena bagaimanapun selama ini ia selalu minum susu langsung dari pabriknya

 

Sosial Media