09 Mar 2017 13:50

Hujan Terus Turun, Saatnya Periksa Kondisi Rumah

keluarga kokoh

-reiteroofing.com

SHARE:

    Bukan hanya fisik yang perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi terjangan cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini, hunian juga perlu untuk di cek kesigapannya. Mulai dari atap, hingga yang paling krusial semisal jaringan listrik. Anda tentu tidak ingin tabungan tiba-tiba terkuras akibat merenovasi rumah karena terkena terpaan hujan? Atau tetesan air hujan mengganggu aktivitas di dalam rumah? Yuk lakukan hal-hal berikut:

    Periksa kembali jaringan listrik

ask-the-electrician.com

    Jangan sampai ada kabel yang terkelupas atau colokan yang tidak terpasang dengan rapat di rumah. Terutama jika Anda memiliki kolam, taman, dan lampu yang menyambung saluran listrik di luar rumah. Minimalisir kejadian yang tidak diinginkan, karena hujan lebat biasanya diikuti dengan angin kencang dan pemadaman listrik sewaktu-waktu.     

    Apakah dinding aman dari rembesan air hujan?

todayshomeowner.com

    Dinding yang terkena resapan air hujan biasanya tidak berumur lama karena mudah terkelupas dan lembab. Sebelum kondisi rumah makin tidak terkendali, Anda bisa memoles tembok ruangan-ruangan, terutama di bagian luar rumah dengan cat pelapis anti air atau weathercoat.

    Saluran air jangan sampai ada yang bocor

pipaku.com

    Bukan hanya bocor yang patut untuk diantisipasi, namun juga saluran air jangan sampai tersumbat. Musim hujan yang kerap diimbuhi dengan banjir dapat berpotensi mengganggu kelancaran saluran air pada hunian. Selain memperbaiki saluran air di dalam rumah, Anda juga harus memeriksa kembali selokan di depan rumah. Untuk hal ini Anda bisa mengajak tetangga untuk bekerja bakti membersihkan selokan.

    Paling penting ! Cek kondisi atap

garnteeroofing.com

    Mengapa penting? Karena tetesan hujan pertama kali akan mengenai atap rumah. Jika atap sebagai pelindung dari panas dan hujan ternyata bocor, maka banjir bukan hanya terjadi di luar tapi juga di dalam rumah. Apabila atap rumah dekat dengan dedaunan atau ranting pohon, sebaiknya dipotong agar tidak jatuh ke genteng. Selain itu bila ternyata di atap terdapat kebocoran, Anda bisa melapisinya dengan cat anti bocor khusus untuk atap.

 

Sosial Media