11 Feb 2017 12:05

Sedang Membangun Rumah? Yuk Ikuti Prosedur Pekerjaan Pemasangan Tegel Keramik Dinding Berikut

keluarga kokoh

-bbk.go.id

SHARE:

    Pekerjaan pemasangan tegel keramik dinding merupakan pekerjaan penutup pasangan tembok. Untuk melakukan pemasangan tegel pada dinding, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut:

1. Media pemasangan keramik (dinding) harus kokoh dan stabil.
2. Bebas dari kotoran dan debu
3. Permukaan dinding harus rata dan tegak lurus
4. Ketebalan spesi maksimum 2 cm
5. Besar siar atau nat untuk dinding 2-3 mm.
6. Siar harus rata dan padat
7. Warna permukaan keramik harus sama
8. Pemotongan kanan kiri harus sama atau lebih besar dari ½ lebar keramik yang dipasang.

    Dalam melakukan pemasangan, langkah kerja pemasangan keramik dinding dapat dilakukan dengan mengukur ketebalan dan ketepatan pekerjaan (ketegakan dan kerataan) tegel keramik dengan tarikan benang. Lalu membersihkan kotoran dan debu pada permukaan dinding. Langkah ketiga adalah merendam tegel keramik hingga jenuh air dan ditiriskan. Keempat yaitu memasang papan landasan untuk tumpuan lapisan keramik nomor dua dari bawah agar pasangan rata.

    Jika papan landasan sudah terpasang Anda dapat membuat adukan campuran semen dan pasir halus yang diaduk hingga punel. Jangan lupa untuk membasahi tembok agar lekatan menjadi kuat. Pasanglah benang untuk tarikan permukaan keramik agar rata, lalu pasang keramik mulai pada lapisan pertama dengan cara memasang keramik pada bagian ujung hingga tengah. Gunakan spacer, korek api atau paku untuk mengontrol jarak nat. Untuk memastikan kelurusan dan ketegakan pasangan dapat dikontrol dengan waterpass batang dan jidar alumunium atau kayu yang rata. Terakhir saat tegel di dinding sudah terpasang jangan lupa untuk melindungi pasangan tegel keramik dari benturan sebelum kering.

 

Sosial Media