23 Jan 2017 13:54

Ini Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil dan Menyusui

keluarga kokoh

-donkeyandthecarrot.blogspot.co.id

SHARE:

    Ikan adalah salah satu makanan yang kaya protein. Selain kaya protein, menurut EPA (U.S. Environmental Protection Agency) dan FDA (U.S. Food and Drug Administration) dalam pengumuman resminya menuliskan ikan juga mengandung lemak omega 3 yang sangat penting untuk tubuh. Bagaimanapun, perkembangan alam dan makin tingginya aktifitas manusia membuat ikan dapat terkontaminasi oleh merkuri. Merkuri yang masuk ke dalam tubuh saat dikonsumsi oleh ibu hamil dapat memberikan pengaruh negatif pada otak janin.

    Tilefish dari Teluk Meksiko, Hiu, Ikan Todak (Swordfish), Orange Roughy, Bigeye Tuna, Ikan Marlin dan King Mackerel adalah jenis ikan yang harus dihindari untuk dikonsumsi saat hamil ataupun menyusui. Hal ini dikarenakan tingginya kadar merkuri yang ada dalam tubuh ikan jenis tersebut. Berhati-hatilah pula saat memakan ikan yang didapat dari hasil memancing di sungai, danau, atau di aliran-aliran air, karena Anda tidak tahu apa yang dikonsumsi oleh ikan tersebut.

    Sebagai gantinya, Anda dapat mengkonsumsi ikan yang memiliki kadar merkuri yang lebih rendah. Ikan yang kerap dikonsumsi pada umumnya kadar merkurinya cukup rendah, seperti ikan salmon, tuna, udang, keluarga catfish seperti ikan patin dan lele. Dalam cara memasak pun, ikan disarankan untuk dipanggang timbang digoreng. Pada takaran sajian yang disarankan, EPA merekomendasikan ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi ikan dalam jumlah 800-1200 gram selama seminggu. Dalam seminggu Anda bisa memakan ikan sebanyak dua sampai tiga kali.

 

Sosial Media