10 Jan 2017 16:36

Meski Legam Tapi Rasa Masakan Ini Bikin Ketagihan

keluarga kokoh

-resephariini.com

SHARE:

    Mulai dari daratan hingga pesisir pantai Indonesia memiliki sajian khasnya masing-masing. Tanpa perlu menggunakan pewarna, semua warna gelap pada masakan di bawah ini menggunakan bumbu daerah yang otentik. Bukan hanya alami, masakan-masakan ini memiliki rasa yang bikin ketagihan dan menjadi legenda. Apa sajakah ragam kuliner tersebut?

Rawon

resepumi.com

    Siapa tidak kenal rawon? Masakan berkuah khas Jawa Timur yang identik dengan kuah hitamnya ini memiliki rasa yang otentik. Pada umumnya rawon menggunakan daging sapi. Warna hitam kuah rawon diperoleh dari kluwak. Kluwak merupakan bumbu dapur yang terkenal dapat menghasilkan warna hitam pada makanan.

Ketan hitam

necturajuice.com

    Ketan hitam atau ketan ireng dalam bahasa jawa yang berarti hitam adalah salah satu jenis beras ketan yang banyak diolah ke dalam masakan maupun minuman. Bagi Anda penggemar makanan tradisional seperti madumongso, bubur ketan hitam, hingga tapai tentu tidak asing dengan ketan hitam.

Petis

makanajib.com

    Selain ikan, masyarakat pesisir juga memproduksi satu komoditi yang khas yaitu petis. Petis adalah olahan makanan yang terbuat dari kaldu udang atau ikan yang diolah hingga mengental. Pada beberapa daerah di Sidoarjo, masyarakatnya menggunakan Kupang untuk membuat petis. Tekstur petis yang lembek dan rasanya yang khas membuatnya kerap disajikan sebagai penyedap pada makanan atau pelengkap saat menyantap gorengan.

Gatot

tribunnews.com

    Kandungan karbohidrat yang dimiliki Gatot tidak kalah dengan sumber karbohidrat lain seperti nasi membuat Gatot cocok dimakan dengan sayuran dan lauk pauk. Makanan yang terbuat dari ketela ini memiliki warna yang gelap karena campuran gula merah saat proses pembuatannya. Gatot paling enak dinikmati bersama taburan kelapa sebagai perpaduan rasa manis dan gurih.

Jongkong hitam

bugisurono.blogspot.com

    Setiap daerah di Indonesia memiliki cara pembuatan dan penyajian jongkong yang khas daerahnya, terutama di Sumatera. Bahan dasar membuat jongkong adalah tepung, namun pada jongkong hitam ditambahkan rebusan air merang untuk membuat warnanya menjadi gelap. Jongkong hitam identik dengan rasanya yang manis dan paling enak disantap dengan taburan kelapa.

Sup konro

tokomesin.com

    Masakan berkuah yang melegenda ini adalah makanan khas Makassar. Daging sapi atau iga sapi menjadi magnet untuk makanan yang terkenal dengan bumbu rempahnya yang kuat. Warna legam sup konro didapat dari bumbu kluwek. Kini selain disajikan dengan kuah, sup konro juga disajikan tanpa kuah, seperti sup konro bakar dan sup konro rica-rica.

 

Sosial Media