10 Jan 2017 17:30

11 Tempat di Tangerang Ini Cocok Untuk Rekreasi Keluarga dan Harganya Cukup Terjangkau!

keluarga kokoh

explore.summareconserpong.com

SHARE:

Oleh: Remigius Septian

Salah satu penyebab orang Tangerang disebut sebagai orang Jakarta KW adalah karena anak muda Tangerang masih terlalu 'Jakarta minded', mulai dari sekolah, kerja, sampai hangout hanya ingin ke Jakarta. Untuk sebagian besar anak muda Tangerang, Jakarta masih jadi kiblat gaul mereka. Padahal, lima tahun belakangan ini Tangerang berkembang sangat pesat. Tiba-tiba perumahan, pusat perbelanjaan, taman, dan tempat nongkrong lainnya berdiri. Jadi, untuk apa jauh-jauh ke Jakarta?

1. Downtown Walk Summarecon Mall Serpong

Tempat nongkrong satu ini yang menjadi denyut nadi Summarecon Mall Serpong, atau anak Tangerang biasa menyebutnya dengan ‘Es Em Es’. Tempat nongkrong yang sebenarnya merupakan jajaran restoran kelas atas ini hampir tak pernah sepi, kecuali di sekitar jam 6 sampai jam 10 pagi. Apa yang asyik dari tempat ini? Selain beragam pilihan makanan yang menggoda niat dietmu, Downtown Walk Summarecon Mall Serpong juga memanjakanmu dengan musik-musik live yang asyik, terutama pada akhir pekan.

2. Salsa Food City

Kalau Anda ngerasa harga makanan di Downtown Walk nggak masuk akal, Anda bisa minggir sedikit ke Salsa Food City. Tempat ini masih satu lokasi dengan Es Em Es, paling jaraknya cuma terpaut 50 meter. Suasana di Salsa Food City tak kalah meriahnya dengan Downtown Walk, harga makanannya juga perlu diakui lebih ‘membumi’. Tapi soal suasana dan tata kelola tempat jelas masih di bawah Downtown Walk.

3. Bintaro 9 Walk

Masih soal perut, kalau Salsa Food City dan Downtown Walk berada di kawasan Gading Serpong, Bintaro 9 Walk berada di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Orang Tangerang banyak yang bingung kalau ditanya soal lokasi tempat nongkrong ini soalnya Bintaro 9 Walk lebih dikenal dengan nama ‘Sekbil’, kependekan dari Sektor Sembilan. Dinamakan begitu karena letaknya ada di sektor Sembilan Bintaro. Awalnya, tempat ini adalah tempat berkumpulnya para pedagang kaki lima, tapi sejak enam atau tujuh tahun lalu pengelola kawasan Bintaro Jaya membangun tempat berdagang permanen buat para penjaja makanan ini.

Jangan salah, walau berkonsep warung tenda tapi makanan yang dijual nggak cuma khas kaki lima. Di sini Anda bisa menemukan makanan khas Jepang, seperti sushi dan ramen, makanan khas barat, seperti spaghetti dan steak, hingga makanan khas India. Walau tak dilengkapi dengan mall, tapi Bintaro 9 Walk nyaman untuk berlama-lama ngobrol sama bersama keluarga.

4. Flavor Bliss

Belum puas nongkrong sambil makan di tiga tempat sebelumnya? Coba geser ke kawasan Alam Sutera, mampir ke Flavor Bliss. Ini tempat benar-benar didedikasikan untuk para penggemar kuliner sejati. Di lahan sekitar dua hektar ini berdiri tak kurang dari 30 restoran. Mau cari makanan ala apa? Indonesia? Barat? Korea? Jepang? Semua ada di sentra kuliner ini. Syaratnya satu, siapkan kocek yang lumayan tebal untuk melahap kuliner andalan di Flavor Bliss, karena hampir tak ada makanan yang harganya di bawah 30.000 rupiah.

5. Benton Junction

Entah mengapa dinamakan begitu, tapi nongkrong di tempat ini akan membuat Anda dan keluarga lupa waktu. Mereka yang datang ke sini nggak berasa kayak sedang di Tangerang, sebab nggak kayak suasana kawasan Tangerang pada umumnya yang penuh polusi, suasana di Benton Junction tuh tenang banget. Selain itu pohon-pohon rindang yang ada di sekitar Benton Junction juga menyejukkan hati mereka yang sedang gundah gulana karena putus cinta.

6. Takot

Bosan dengan kuliner? Tangerang juga menyediakan taman nan asri yang nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong. Oh ya, Takot ini sebenarnya nama yang dipopulerkan oleh anak muda Tangerang Selatan. Nama resminya adalah Taman Kota, letaknya di kawasan BSD. Di tengah padatnya jalanan kawasan Serpong, Taman Kota sudah menjadi seperti mata air di gurun pasir. Banyak juga pekerja kantoran yang olahraga sebelum atau selepas kerja di Takot. Menjelang sore, sekitar jam 3 sampai 4 taman ini dipenuhi anak-anak sekolah dan mahasiswa, sedangkan pada akhir pekan dipenuhi dengan keluarga yang mencari keringat, atau sekedar mengajak main anak-anak mereka.

Ada dua Takot di kawasan BSD ini. Taman Kota I berada nggak jauh dari ITC Serpong, sedangkan Taman Kota II lokasinya lebih jauh, di sekitaran komplek Puspitek Serpong. Tanaman dan fasilitas penunjang lainnya sangat terjaga, jadi, jangan sekali-kali merusaknya, ya.

7. Taman Bintaro Xchange

Bagi Anda yang tinggal di luar kota, FYI, Bintaro Xchange adalah sebuah pusat perbelanjaan yang sedang hits di kawasan Bintaro. Tapi kita tak akan membicarakan mallnya. Yang akan dibahas di sini adalah tamannya. Bintaro Xchange punya taman yang lumayan luas, sekitar satu hektar di bagian belakangnya. Taman ini dilengkapi dengan panggung hiburan gratis, ikan-ikan hias, dan yang paling penting tempat duduk-duduk yang nyaman untuk berkumpul. Kelebihan utamanya, Anda tak harus membeli jajanan dulu agar bisa duduk-duduk di taman ini, cukup bayar parkir dan Anda bisa menikmati fasilitas ini dengan gratis. 

Hebatnya lagi, walau di luar ruangan tapi pengunjungnya tak bisa sembarangan merokok. Mereka cuma boleh merokok di sekitar tempat sampah yang telah disediakan. Memberi makan ikan, menginjak-injak tanaman, apalagi memetiknya juga dilarang keras. Jadi, jangan mengambil apapun di sini, ingat!

8. Taman Menteng

Ini bukan Menteng yang di Jakarta. Taman ini berdiri di kawasan Bintaro Sektor 7. Di pagi hari, apalagi saat akhir pekan taman ini dijadikan pusat olahraga favorit buat anak Bintaro dan sekitarnya. Pengelola kawasan Bintaro juga melengkapi kawasan ini sama ayunan, perosotan, dan beberapa alat kebugaran lain. Ditambah, pengelolanya tak memungut bayaran sepeserpun. 

9. Puspem

Tak seperti pusat-pusat berkumpul sebelumnya yang dipenuhi makanan dan rindangnya pepohonan, Puspem, alias pusat pemerintahan cuma sekedar jalan kosong di kawasan pusat pemerintahan kota Tangerang. Letaknya tepat di jalan Sudirman, Tangerang. Di hari kerja tempat ini lengang, tapi mulai Jumat malam ruas-ruas jalannya diisi sama beragam komunitas di kota Tangerang, mulai dari komunitas mobil, motor, sepeda, sampai komunitas penggemar bis. 

10. Alun-Alun Ahmad Yani

Sama dengan Puspem, Alun-alun Ahmad Yani Tangerang juga disesaki warga saat akhir pekan. Banyak juga komunitas yang kumpul di ruang terbuka ini. Bedanya, alun-alun ini dipenuhi komunitas yang menggemari olahraga, dari sekedar lari pagi, freelatics, parkour, sampai penggemar fitness. Lapangan ini bahkan juga udah dilengkapi sama sarana olahraga panjat dinding. Sayangnya, alun-alun Ahmad Yani dianggap kurang nyaman lantaran banyaknya pedagang yang masuk ke alun-alun, bahkan sampai menggelar lapaknya di lintasan lari.

11. Danau Situ Gintung

Ingat tragedi Situ Gintung yang menelan lebih dari 100 jiwa tahun 2009 lalu? Sekarang danau yang berada di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan ini sudah ditata dengan sangat bagus! Coba datang saat malam hari, sangat indah. Jika lapar di sekitaran danau banyak penjaja makanan yang murah.

Warga Tangerang, tertarik kemana malam ini?

Sosial Media