23 Des 2016 13:55

Serba-Serbi Beton dan Pengecoran

keluarga kokoh

-Rumah Kokoh Semen Gresik

SHARE:

    Beton adalah bahan yang terbuat dari campuran yang paling sedikit terdiri dari air, semen, pasir, dan kerikil yang diaduk secara merata dan setelah kering akan mengeras seperti batu. Dalam buku Rumah Kokoh Semen Gresik, menurut proses pembuatannya beton dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Beton Mutu Normal

    Beton mutu normal adalah beton yang dibuat dengan cara sederhana baik secara manual maupun mesin pengaduk (molen) yang biasa dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Dalam meramu beton yang umumnya digunakan untuk perumahan ini diperlukan pengalaman dan percobaan dahulu sebelum menentukan perbandingannya, termasuk jumlah takaran air. Selain pengalaman, metode mix design (rencana campuran) bisa digunakan untuk menentukan campuran beton yang tepat mutu.

2. Beton Mutu Tinggi

    Beton yang dibuat berdasarkan perencanaan dan dikerjakan dengan teknologi serta peralatan modern sehingga dihasilkan mutu beton dengan kuat tekan tinggi serta mudah dalam proses pengecoran. Umumnya, beton mutu tinggi memerlukan bahan campuran tambahan berupa admixture dan additive seperti superplasticizer, silica fume, bahan retarder, dan lain-lain. Pembangunan gedung bertingkat tinggi, dermaga, landasan lapangan terbang, dan jembatan memanfaatkan beton bermutu tinggi.

    Saat membuat beton secara manual, tempat mengaduk sebaiknya dilakukan dalam kotak adukan seperti terbuat dari pelat baja atau kalau tidak ada bisa di atas tanah dengan tumpukan pasir atau di atas lubang tanah yang digali dan dilapisi pasangan bata. Pemakaian bak pelat baja akan menghemat biaya apabila pekerjaan dilakukan berulang-ulang dari satu lokasi ke lokasi lain. 

    Sedangkan untuk pembuatan beton dengan menggunakan mesin pengaduk (molen) bisa diserahkan pada ahlinya. Campuran beton dengan mesin pengaduk ini bisa digunakan untuk pembuatan rumah tinggal satu lantai atau lebih, jembatan dan bangunan lain yang sederhana. Sedangkan untuk bangunan tingkat tinggi, jembatan dengan bentangan lebar serta beban tonase yang berat umumnya digunakan beton Ready Mix.

 

Sosial Media