10 Nov 2016 14:00

5 Makanan yang Saat Dikonsumsi Justru Membuat Bertambah Lapar

keluarga kokoh

-fruitsqueeze.com

SHARE:

    Saat rasa lapar datang, insting kita sebagai manusia adalah mengubah rasa lapar menjadi kenyang dengan makan. Tapi ada beberapa jenis makanan yang justru membuat kita semakin bertambah lapar saat mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan sedikitnya kandungan lemak dan protein yang ada di dalam makanan-makanan ini. Padahal menurut Alex Caspero, seorang ahli diet yang sudah terdaftar sebagaimana ditulis di womenshealthmag, lemak, protein dan serat adalah komponen yang mengenyangkan.

    Apa sajakah makanan yang justru mengundang lapar saat dikonsumsi?     

1. Roti dengan gandum utuh

kingarthurflour.com

    Roti dengan gandum utuh memiliki kandungan serat yang tinggi dibandingkan biji-bijian yang lain. Tapi di lain sisi roti dengan gandum utuh memiliki kandungan lemak dan protein yang rendah. Sehingga saat mengkonsumsi roti dengan gandum utuh disarankan untuk tidak menambahkan selai diatasnya. Anda bisa menghadirkan lemak dan protein dengan menambahkan selai kacang, telur, dan sosis. Kandungan lemak, protein, dan serat ini bisa membuat perut kenyang menjadi lebih lama

2. Jus buah

delitefulmeals.com

    Jus buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Sama seperti roti dengan gandum utuh, jus buah tidak memiliki protein atau lemak yang berguna untuk memperlambat proses pencernaan. Saat ini banyak beredar produk olahan buah dan sayur dalam kemasan yang diklaim mengandung tiga sampai empat sajian buah dan sayur per penyajian, mengkonsumsi produk jadi tentu tidak sama saat mengkonsumsi buah dan sayur secara langsung. Pada umumnya serat buah yang telah diproses menjadi jus berkurang. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan salad atau menambahkan buah segar pada menu makan Anda.  

3. Putih telur

stylecraze.com

    Meskipun secara teknis kandungan tiga sampai empat gram protein yang terkandung dalam sebutir telur cukup untuk membuat kenyang, putih telur memiliki kalori yang sangat rendah dan hampir bebas lemak. Itu berarti rasa kenyang tidak akan bertahan lama. Kuning telur mengandung nutrisi yang sehat, seperti lutein yang baik untuk mata, kandungan protein dan lemak baik akan membuat olahan telur Anda semakin kaya gizi.

 4. Susu rendah lemak

thequint.com

    Yoghurt dan susu bebas lemak mungkin memiliki kalori yang lebih sedikit, di lain sisi kandungan lemak di dalamnya juga jauh lebih rendah. Karena tidak adanya kandungan lemak yang berguna untuk memperlambat proses pencernaan, membuat perut lebih cepat merasa lapar. Bagi yang sedang menurunkan berat badan, susu rendah lemak cocok untuk dikonsumsi.

5. Acar

vemale.com

    Dibalik rasanya yang sangat asin, acar, sauerkraut, dan kimchi dikenal dengan khasiatnya sebagai prebiotik dalam usus. Yodium yang terkandung dalam olahan awetan makanan yang memakai cuka dan garam ini dapat membuat haus, yang mengakibatkan tubuh cepat merasa lapar. Jika memiliki hobi makan acar, imbangi dengan minum air putih yang banyak.

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali