16 Okt 2016 09:39

Siasat Memaksimalkan Fungsi Balkon

keluarga kokoh

Pilih furnitur yang sesuai untuk menunjang fungsi balkon sebagai perluasan rumah - Majalah Rumahku).

SHARE:

    Balkon dari bahasa Latin balcone, yang berarti jendela besar, dan selanjutnya merujuk pada teras yang ditinggikan (terdapat di lantai atas) yang menempel di sepanjang dinding bangunan. Berbeda dengan teras, balkon cenderung lebih tertutup. Biasanya balkon terhubung dengan satu atau lebih ruang, dan untuk mencapainya harus melalui ruang tersebut.

Pemanfaatan balkon secara maksimal

    Balkon cenderung berukuran terbatas dan aksesibilitasnya pun tidak seterbuka teras lantai satu, sehingga tidak seserbaguna teras. Namun banyak fungsi bisa dilekatkan pada balkon, antara lain sebagai berikut seperti yang terangkum dalam Majalah Rumahku :

Manfaatkan balkon sebagai perluasan ruang

    Anda bisa memanfaatkan balkon sebagai tambahan atau perluasan ruang yang terhubung, terutama jika ukuran rumah terbatas. Misalnya balkon dapat digunakan sebagai perluasan ruang makan atau ruang keluarga dengan meletakkan perabot yang sesuai. Jadi bila banyak tamu berkunjung teras lantai atas tersebut akan menambah daya tampung.    

Manfaatkan balkon untuk menikmati udara segar atau view  

    Bila balkon terhubung dengan ruang tidur, manfaatkan sebagai sarana menikmati udara luar. Segera setelah bangun tidur Anda bisa menjangkau balkon dan menghirup udara segar atau sekedar menikmati pemandangan yang menarik.  
 
Manfaatkan balkon sebagai taman/kebun

    Anda bisa berkebun atau menciptakan taman di area balkon. Pot-pot tanaman dapat diletakkan di lantai atau pagar balkon, dan bisa juga digantung. Selain menciptakan iklim mikro yang sejuk, taman balkon berpotensi mempercantik fasad. Keindahan taman bisa dinikmati dari dalam maupun luar rumah.

Manfaatkan balkon sebagai elemen estetis  

    Pengaruh balkon pada tampilan fasade tak dapat dihindari. Jadi, manfaatkan balkon untuk memperindah fasade. Hindari memanfaatkan balkon sebagai ruang tempat menumpuk barang tidak terpakai. Kecuali berada di area servis, hindari penggunaan balkon sebagai ruang jemur.     

Tips agar fungsi balkon lebih maksimal  

    Kadang kala balkon tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal karena tidak memenuhi syarat kenyamanan, keamanan, ataupun keindahan. Balkon akan berfungsi maksimal jika direncanakan dengan baik dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Berikut beberapa di antaranya.

    Pastikan struktur atau konstruksi balkon benar-benar kuat untuk menerima beban berlebih seperti perabot, pot-pot tanaman, manusia, dan sebagainya.

    Pastikan balkon aman dengan memasang pagar/railing yang kuat dan stabil. Pertimbangkan ketinggian pagar dan kerapatan jeruji (jika berbentuk teralis) agar aman untuk anak-anak.

   Pertimbangkan orientasi saat meletakkan balkon agar tidak terpapar sinar matahari langsung; atau berikan perlindungan berupa atap serta kanopi yang memadai.

    Letakkan balkon pada sisi bangunan yang menghadap ke arah view yang menarik.

   Tambahkan perabot yang sesuai untuk menunjang fungsi yang diinginkan. Misalnya set meja makan, set sofa, easy chair/lounge chair dengan coffee table, dan lain-lain. Pilihlah perabot yang sesuai untuk area semi-outdoor.   

Sosial Media