30 Sep 2016 17:27

Pagar Minimalis untuk Rumah Minimalis demi Fasad Rumah yang Selaras

keluarga kokoh

Pagar minimalis dari dinding plesteran memberi kesan kokoh dan fungsional -majalah Rumahku

SHARE:

    Sebagai salah satu elemen rumah, sebaiknya pagar didesain serasi dengan desain rumah. Lebih dari itu, pagar menjadi elemen terdepan rumah yang sangat mempengaruhi fasad. Jadi, pagar rumah minimalis, sebaiknya didesain sesuai konsep minimalis yang diterapkan pada rumah. Prinsip minimalis adalah kembali pada kesederhanaan. Karakter yang paling mencolok dari rumah berkonsep minimalis adalah serba simpel.

     Kesederhanaan rumah minimalis yang juga harus ditampilkan pada pagar minimalis adalah: desain sederhana dan fungsional, penggunaan material yang simpel, praktis, efisien dan mudah dalam perawatan.   

Desain Sederhana dan Fungsional

     Fungsi utama pagar adalah melindungi rumah dari tindak kejahatan dan gangguan lingkungan, seperti polusi suara, dan udara. Misalnya, untuk lingkungan kurang aman, tinggi pagar bisa dibuat hingga 1,5 m atau lebih untuk mengurangi polusi dibuat pagar tanaman, dsb. Sementara fungsi lain pagar adalah menambah nilai estetika, misalnya sebagai aksen fasad.

    Pagar minimalis sebaiknya dirancang dengan bentuk sederhana namun memenuhi semua fungsinya dengan baik. Model simpel yang dapat menjadi pilihan, misalnya bentuk-bentuk geometris yang simpel seperti permainan garis vertikal, horizontal, persegi, yang relatif polos tanpa ornamen, tegas, dan kompak.     

Material Simpel, Praktis, dan Efisien  

    Pagar minimalis sebaiknya dibuat dari bahan simpel, praktis, efisien, dan terjangkau harganya. Berikut beberapa material yang dapat diaplikasikan sesuai desain pagar minimalis.

Kayu : terkesan alami, pilih yang berdaya tahan tinggi namun relatif murah seperti merbau dan kamper. Papan semen ( ) bisa dipilih sebagai material pengganti kayu.  
Logam : relatif simpel, kuat dan tahan lama, yang relatif terjangkau misalnya besi hollow.
Dinding plesteran : mudah dibentuk (fleksibel), dapat dilapis cat eksterior berdaya tahan tinggi dengan warna serasi dengan eksterior rumah.
Bata/beton ekspose : atau batu alam (andesit, palimanan, candi) dapat dipilih untuk kesan alami dan unik dengan pelapisan coating untuk daya tahan.

Perawatan Mudah

    Ciri lain pagar minimalis adalah mudah perawatannya. Kemudahan perawatan dipengaruhi oleh desain yang simpel, dan juga pilihan material yang berdaya tahan baik. Material tertentu mungkin perlu dilapis dengan cat khusus yang antikarat, tahan gores, dan tahan cuaca (weathershield) ataupun coating antijamur/lumut, dll. Dengan daya tahan yang baik, perawatan pagar lebih mudah. Pengecatan ulang atau pelapisan coating hanya perlu dilakukan sesekali.    

    Kemudahan perawatan juga terkait dengan kemudahan renovasi. Pilihan bentuk yang tidak rumit, polos, atau desain berulang teratur akan memudahkan renovasi pagar minimalis. Biasanya juga tidak diperlukan waktu terlalu lama dan biayanya relatif lebih murah.   

 

Sosial Media