28 Sep 2016 16:49

Dari Legendaris Sampai Kenangan Manis. Ini 5 Jajanan yang Pernah Hits pada Jamannya

keluarga kokoh

Rangin alias Pancong -ridhoadhie.files.wordpress.com

SHARE:

     Pernah menjadi legenda pada jamannya, keberadaan jajanan khas Indonesia ini semakin sulit dicari. Bahkan mungkin beberapa yang tidak tercantum disini saat ini telah menjadi kenangan manis. Namun tidak sedikit yang mencoba bertahan dengan berinovasi dengan cita rasa kekinian. Apa sajakah itu?

Bola Ubi

kunyahbandung.com

    Bola Ubi merupakan kudapan khas tanah Sunda yang cara mengolahnya digoreng. Berbeda dengan jemblem yang khas Jawa Timur, Bola Ubi khas Bandung ini ternyata kopong di dalamnya. Bahan dasarnya tentu saja ubi yang diolah dengan tepung. Cara memasak Bola Ubi ini sangat unik, Bola Ubi yang mungil bisa menjadi besar karena saat digoreng harus ditekan-tekan agar bola ubi mengembang.

 

Wingko

indonesiaimages.net

    Jajanan berbahan dasar kelapa ini kini mulai langka dijumpai di pasaran. Hanya dalam beberapa acara seperti pernikahan hingga selametan saja jajanan khas bisa dinikmati. Beberapa pengusaha kuliner kini mencoba menginovasikan jajanan tradisional ini menjadi lebih kontemporer. Tidak hanya rasa originial, wingko kini memiliki banyak varian rasa seperti pandan, stroberi, anggur, durian, dan jeruk. Tidak hanya disajikan dengan aneka rasa, tetapi bagian atasnya juga diberi toping seperti choco chips, almond, mete hingga wijen.

 

Es Puter

rianamie.blogspot.com

    “dung, dung, dung”, suara itu selalu kita dengarkan saat matahari sedang terik-teriknya. Gerobaknya yang khas, dan penjual yang selalu memakai topi sambil memukul gong kecil menjadi penanda es puter sedang dijajakan. Es puter bertekstur kasar dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es batu dan garam. Rasanya yang beragam, seperti vanilla, coklat, dan strawberry membuat es puter menjadi primadona anak-anak hingga dewasa.

   
Rambut Nenek atau Arbanat

ngalam.co

     Makanan ringan yang dijajakan secara unik ini kini sangat sulit untuk dijumpai. Penjualnya menjajakan dagangannya sambil berjalan kaki dan memainkan rebab atau siter. Arbanat juga di kenal dengan nama Rambut Nenek, karena awalnya makanan ini berawal putih dan berbentuk menyerupai rambut nenek. Jajanan ini dibuat dari gula pasir asli. Gula ditambah air secukupnya dengan pewarna khusus makanan lalu digoreng dalam wajan sampai membentuk gulali kemudian ditarik-tarik.

 

Rangin atau Pancong

deresep.com

    Saat masih bersekolah dulu, rangin atau pancong menjadi salah satu jajanan yang selalu diserbu. Namun kini penjualnya semakin langka. Kudapan yang berbahan dasar kelapa ini disajikan dengan cara dimasak di atas cetakan. Anda bisa memilih rasa manis, maka pancong Anda akan ditaburi gula diatasnya. Namun original juga tidak kalah menawan, menyantapnya dalam keadaan panas bisa menjadi obat pereda rindu jajanan masa lalu.

 


"Bagikan artikel ini dengan keluarga Anda"

Sosial Media

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Juara 1 Lomba Foto Ekspresi

keluarga kokoh
23 November 2016 08:30

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:20

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:19

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali

23 November 2016 08:18

Pemenang Lomba Foto Ekspresi Wisata Ke Bali