24 Sep 2016 05:22

4 Material Simpel, Praktis dan Kokoh untuk Rumah Minimalis

keluarga kokoh

Plat metal sekaligus berfungsi sebagai plafon untuk ruang di bawah plat lantai - majalah rumahku

SHARE:

        Material yang mendukung pembangunan rumah minimalis adalah material yang simpel namun kuat dan kokoh, yang praktis cara pemasangannya tetapi memberi tampilan rapi dan bersi, selain itu juga efisien sehingga harganya lebih terjangkau. Material demikian kini banyak diminati terkait semakin digemarinya desain rumah minimalis.

Berikut beberapa di antara material tersebut.       

Papan Semen

    Papan semen adalah material artifisal yang terbuat dari campuran semen dan fiberglass atau serat selulosa. Material ini praktis dan efisien, berpotensi sebagai pengganti kayu dan gipsum yang memiliki banyak kelebihan seperti tahan cuaca luar, tahan lembap/air, tahan api, antirayap, jamur, dan juga kedap suara. Material ini juga tahan terhadap benturan dan relatif kokoh. Papan semen dapat diaplikasikan pada area eksterior (dinding luar, secondary skin, pagar, listplank) maupun interior (dinding dalam/partisi, lantai, plafon, alas atap) Pemasangannya juga relatif mudah dan efektif, dapat dipotong dan dibentuk seperti halnya kayu, demikian pula dengan finishing-nya. Kini papan semen juga tidak mengandung asbes sehingga aman bagi kesehatan. 

Pelat Metal 

    Pelat metal (floor deck, metal deck, bondek, dll.) adalah pelat baja ringan berlapis galvanis bentuk gelombang seperti huruf W, yang dapat berfungsi sebagai tulangan bawah dan bekisting. Pembuatan dak beton dengan pelat metal ini relatif lebih praktis, karena pengangkutan lebih ringkas; pemasangan relatif mudah, cepat dan hemat waktu. Tidak hanya praktis, tetapi juga efisien karena menghemat volume beton (tidak perlu setebal beton konvensional, cukup ±6-7 cm); plat metal sekaligus berfungsi sebagai bekisting dan dapat dimanfaatkan sebagai plafon lantai di bawahnya. Kekuatan dan ketahanan dak dengan pelat metal tidak diragukan, dan juga tahan cukup lama terhadap api.        

Keraton

    Keraton (keramik komposit beton), adalah material alternatif pengganti dak beton. Keraton terbuat dari tanah liat dicetak dengan bentuk mirip balok bata tetapi bagian tengahnya berlubang. Lubang dibuat dengan perhitungan tertentu untuk tujuan struktural. Pelat keraton sangat praktis karena pemasangannya mudah dan cepat. Untuk menutup bentangan tertentu, sejumlah balok keraton disambung-sambung dengan batang besi pada 4 titik lalu disatukan dengan balok beton. Penggunaan keratin juga membuat pengerjaan plat lantai lebih efisien. Bekisting hanya diperlukan untuk balok dan ringbalk, kebutuhan perancah lebih sedikit. diperlukan lebih sedikit beton yaitu  untuk balok, pengisi dan pelapis lantai. Meski tak kalah kuat dari beton konvensional, keraton jauh lebih ringan sehingga mengurangi beban struktur. Lubang-lubangnya berfungsi sebagai isolator panas dan suara. Jika mau bagian bawah dapat diekspose sebagai plafon.   

Rangka Atap Baja Ringan

    Rangka atap baja ringan dapat menjadi alternatif untuk menggantikan rangka kayu. Material ini sangat praktis  karena proses pengerjaannya (oleh ahlinya) relatif mudah dan cepat. Meskipun tipis material ini memiliki kekuatan tekan dan tarik yang dapat diandalkan karena angka pemuaian/penyusutan relatif lebih kecil dibandingkan kayu. Serta berpotensi mengurangi beban struktur di bawahnya sehingga cocok juga untuk rumah di daerah rawan gempa. Rangka atap baja ringan bertahan relatif lama karena tidak mudah keropos, antirayap, antijamur,  dan kemungkinan rembes/bocor sangat kecil. Berbeda dengan kayu, baja ringan tidak merambatkan api jika terjadi kebakaran. Pada awal pembangunan terkesan lebih mahal, namun karena awet dan tahan lama maka nilainya relatif sebanding.   

Sosial Media