28 Agu 2016 20:42

Bay Window, Jendela yang Unik dan Multifungsi

keluarga kokoh

Tampak dari luar bay window yang unik berpotensi untuk mempercantik fasade hunian -apaperbear.wordpress.com

SHARE:

     Dalam bahasa aslinya bay berarti teluk, yaitu perairan yang menjorok ke daratan. Bay window memiliki makna serupa, karena jendela ini memiliki konstruksi menjorok keluar atau tidak segaris dengan dinding utama bangunan. Konstruksi demikian menciptakan area cekung pada ruang dalam dan menonjol di bagian luar, seperti sebuah teluk. Jendela ini merupakan salah satu ciri arsitektur bergaya Victorian yang populer sejak 1870-an. Keunikannya membuat banyak orang tertarik untuk mengaplikasikannya. Bagaimana dengan Anda? Kenali seluk-beluknya berikut ini!

Unik dan Multifungsi

Karakter dan tampilan bay window sangat unik dan artistik, baik dilihat dari luar maupun dari dalam bangunan. Tidak hanya rata dengan dinding seperti jendela pada umumnya, tetapi juga memunculkan beragam bentuk unik, seperti poligon atau lengkung yang menonjol keluar. Variasinya dengan elemen softscape di luar, dan pemanfaatan cekungan yang tepat akan mempercantik tatanan interior maupun fasade hunian.    

Sama seperti jendela biasa, fungsi bay window yang terutama adalah memasukkan cahaya alami, sebagai jalur sirkulasi udara, dan juga memungkinkan orang di dalam menikmati view di luar rumah. Karena tidak segaris dengan dinding bangunan, bay window memiliki sudut pandang yang lebih lebar. Kejadian atau pemandangan di luar dapat dinikmati dengan lebih leluasa. 

Cekungan yang dihasilkan oleh bentuk bay window memiliki beragam fungsi. Selain berfungsi memperluas ruang terdekat, cekungan juga dapat difungsikan sebagai tempat duduk sekaligus ruang penyimpanan tersembunyi (hidden storage). Fungsi lain misalnya untuk area display koleksi benda seni atau elemen dekoratif lain. Kombinasi beberapa fungsi juga dimungkinkan.   

Posisi mempengaruhi fungsi  

    Bay window dapat diletakkan di mana pun, seperti di ruang tamu, ruang duduk, ruang makan, hingga kamar tidur. Berikut beberapa sisi rumah yang dapat dipertimbangan sebagai lokasi bay window: 

• Sisi di mana bay window akan berguna menambah nilai artistik fasade hunian, misalnya pada bagian depan, dan sudut rumah.
• Sisi yang memiliki view menarik, seperti pemandangan alam, taman, kolam ikan, kolam renang, dan sebagainya. Jadi bagian cekungan dapat dimanfaatkan sebagai sitting area untuk menikmati view tersebut. Selain dinding permanen sebagai tempat duduk, dapat diletakkan furnitur lepas seperti sofa, bench, chaise lounge.
• Sisi di mana cekungan dapat menjadi perluasan ruang terdekat. Cekungan dapat dimanfaatkan sebagai area display, hidden storage. 

    Penempatan bay window juga perlu mempertimbangkan orientasi bangunan agar panas berlebihan dan silau tidak mengganggu kenyamanan ruang dalam. Sangat dianjurkan untuk merencanakan bay window sejak awal pembangunan rumah. Jika Anda memaksakan diri untuk membuatnya di kemudian hari, sebaiknya kerjakan dengan perhitungan yang tepat terutama berkaitan dengan konstruksi kantilever yang menyatu dengan bangunan. Hal lain yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah faktor keamanan, misalnya dengan memasang teralis. 

Sosial Media