20 Agu 2016 15:54

Ini Beragam Material Populer untuk Percantik Fasad Hunian

keluarga kokoh

Penggunaan material kaca yang bersifat tembus cahaya -majalah Rumahku

SHARE:

     Ada banyak aspek yang mempengaruhi tampilan utuh fasad hunian, antara lain bentuk bangunan, material, warna, dan tekstur. Material menjadi salah satu yang sangat penting karena berpengaruh pada aspek lain. Banyak ragam material untuk fasad, dan masing-masing memiliki karakteristik terkait kesesuaian dengan gaya arsitektur, ketahanan terhadap pengaruh lingkungan dan perubahan cuaca, dan juga keserasian untuk dipadukan dengan material lain.

Berikut beberapa jenis material yang relatif populer untuk fasad dengan karakter masing-masing, dilansir dari majalah Rumahku  

Kayu memiliki tekstur dan warna natural yang mengekspresikan kehangatan, terutama kayu warna gelap. Selain relatif mahal, kayu perlu pelapis antijamur, antilumut dan antirayap secara berkala. Kayu yang cocok untuk eksterior, misalnya kayu besi, ulin, merbau, damar laut.

Papan semen dan concrete wood (conwood) adalah material artifisial dengan tampilan seperti kayu. Ketahanannya tidak kalah dari kayu, bahkan antirayap dan jamur. Harganya pun relatif lebih murah dari kayu.  

Batu alam beragam jenis dengan bentuk, warna, dan tekstur alami yang unik. Beberapa yang populer misalnya batu templek, andesit, slatestone, sandstone, serta koral. Perlu pelapis atau coating antijamur dan antilumut agar tahan dan tampil lebih menarik.  

Bata ekspose memiliki kekhasan tekstur dan warna (merah kecokelatan dalam beragam tone) yang memberi kesan alami, hangat, dan eksotis. Perlu pelapis atau coating antijamur dan antilumut agar tahan dan tampil lebih menarik.  

Beton ekspose berwarna abu-abu dalam beragam tone, mudah dipadukan dengan warna lain. Kesannya tegas, kokoh, dan modern. Bahan ini relatif tahan terhadap perubahan cuaca. Untuk kemudahan dan mempercepat pemasangan, dinding beton pracetak bisa menjadi pilihan.  

Keramik, memberi kesan modern serta memiliki daya tahan tinggi terhadap gesekan, panas dan perubahan cuaca. Banyak pilihan warna dan tekstur, dan perawatannya pun relatif mudah bahkan ada bahan pembersih khusus.

Cat (tembok,kayu, dan besi) mudah diaplikasikan dan banyak pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan tampilan yang diinginkan. Setiap warna menciptakan kesan berbeda. Misalnya, putih berkesan bersih dan ringan, cocok dipadukan dengan warna apa pun. Merah atau oranye terkesan berani dan cocok untuk aksen. Pengaplikasian pada fasad harus dipakai cat eksterior yang antibocor, tahan cuaca, antinoda, antijamur, antilumut, antikarat, agar tidak cepat pudar dan mengelupas. Dengan teknik tertentu dapat dihasilkan permukaan cat yang menampilkan tekstur tertentu.

Kaca bersifat tembus cahaya dan memberi efek pantulan, bertekstur halus, tampak ringan, dan menampilkan kesan modern, juga tahan cuaca dan antirayap. Perawatannya relatif mudah, tapi berisiko pecah jika terjadi gempa.   

Logam (seperti besi, baja, aluminium, dan stainless) memiliki tekstur berbeda-beda tergantung jenisnya. Misalnya stainless bertekstur halus, sebaliknya besi tempa telihat lebih kasar. Sebagai material fasad, beberapa jenis logam perlu lapisan coating agar tahan cuaca (antikarat).     
    
Berbagai jenis material di atas dapat dipadupadankan untuk mencapai ekspresi tertentu. Jadi, sebelum memilih material untuk finishing sisi luar, tentukan lebih dahulu wajah hunian seperti apa yang Anda inginkan.

 

Sosial Media