13 Agu 2016 16:36

Yuk Memaksimalkan Fungsi Beranda

keluarga kokoh

Beranda di bagian belakang rumah atau pada bagian yang lebih privat - majalah Rumahku

SHARE:

       Apakah semua beranda rumah Anda termanfaatkan dengan baik? Jika belum, coba maksimalkan fungsinya sesuai lokasi. Misalnya, beranda depan sebagai ruang tamu sementara atau tempat bersantai bagi keluarga. Tak ada salahnya sesekali menerima tamu di beranda dalam suasana relaks. Bersantai atau bercengkerama bersama keluarga di ruang semiterbuka dengan view alami dan hembusan angin segar tentu sangat nyaman dan akan menambah keharmonisan. Anda juga dapat menerapkan banyak fungsi lain. Misalnya, beranda belakang atau tengah pada rumah dengan innercourt dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain anak, ruang makan semiterbuka, ruang duduk, dsb. Sementara beranda kamar tidur yang bersifat privat dapat dimanfaatkan untuk mewadahi aktivitas santai yang lebih personal.

Memaksimalkan fungsi beranda mungkin berujung pada renovasi atau dekorasi ulang juga penambahan perabot. Untuk itu perhatikan beberapa hal berikut ini!  

Lakukan renovasi sesuai kebutuhan

Renovasi beranda bisa mencakup renovasi besar atau kecil. Renovasi besar boleh jadi menyangkut perubahan atau perbaikan konstruksi tiang, kolom, dinding, maupun atap. Namun jika konstruksi dan luasan teras sudah cukup ideal, lakukan saja renovasi kecil, seperti mengganti cat, atau ubin untuk menciptakan suasana baru. Hal terpenting yang perlu diperhatikan agar teras memenuhi aspek fungsional adalah mengantisipasi teras dari tampias hujan atau gangguan silau matahari. Jika perlu perlebar teritis atau tambahkan kerai (awning).

Tambahkan perabot sesuai fungsi

sumber gambar : majalah Rumahku

Tetapkan fungsi beranda! Selanjutnya pilih jenis dan karakter furnitur yang menarik sesuai gaya hunian serta nyaman. Jika Anda ingin memaksimalkan beranda sebagai ruang tamu sementara, lebih tepat jika menambahkan set kursi dan coffee table daripada kursi goyang. Chaise lounge lebih pas dipajang di beranda kamar tidur. Bale-bale atau sofa tentu cocok untuk beranda belakang tempat keluarga bersantai, mengobrol, atau menikmati saat bersama, Pertimbangkan bentuk, ukuran, dan jumlah furnitur dengan luas beranda. Letakkan perabot seperlunya untuk menghindari kesan sumpek.  

 
Dekorasi ulang agar lebih atraktif 

Dekorasi ulang beranda Anda agar tampil lebih atraktif. Berikut beberapa unsur yang dapat dipoles ulang untuk mempercantik teras rumah Anda !

Elemen ruang seperti dinding, kolom, lantai, juga railing dapat dicat ulang dengan warna yang lebih atraktif atau dilapisi dengan material bertekstur unik seperti batu alam.      
Furniture dapat dipoles ulang dengan warna yang lebih menarik atau diganti dengan model yang unik dan menarik sesuai fungsi, selera dan gaya arsitektur hunian.  
Benda-benda seni dapat dipajang sebagai elemen dekoratif untuk memperindah beranda. Misalnya lukisan, patung, kain tradisional, bahkan topeng. 
Tanaman dalam pot dapat ditambahkan jika ingin beranda bernuansa alami atau tampil lebih segar. Pilihan bisa jatuh pada jenis tanaman berbunga ataupun tidak.  
Pencahayaan pilihlah yang tidak hanya menerangi tetapi juga membuat beranda tampil lebih cantik lewat bentuk lampu atau warna cahaya. Misalnya, chandelier, dan lampion. 

Sosial Media