22 Jun 2016 11:33

Atasi Kekurangan Ruang dengan Attic

keluarga kokoh

Pemanfaatan attic pada ruang tidur -Tohop.com

SHARE:

Sebenarnya attic adalah ruang di bawah atap, tepatnya antara plafon dan atap. Dinding attic adalah bidang atap yang memiliki kemiringan tertentu. Di Indonesia, attic populer sebagai loteng. Bentuk attic atau loteng dipengaruhi model atap. Attic dapat difungsikan sebagai ruang apa pun, seperti ruang tidur, ruang kerja, ruang belajar, ruang duduk, ataupun gudang. Perhatikan hal-hal yang harus dipertimbangkan jika Anda hendak merancang attic berikut dari www.rumahku.com :
 
Pertimbangan struktural dan material
Sebaiknya attic direncanakan sejak awal pembangunan rumah. Jika tidak, maka harus dilakukan penyesuaian konstruksi dan pemilihan material agar struktur bangunan tetap aman. Sebaiknya dipilih material ringan untuk menghindari penambahan beban kolom dan pondasi, terutama jika struktur tidak dirancang untuk bangunan bertingkat. Material yang relatif ringan untuk konstruksi lantai, misalnya kayu atau lembaran beton ringan (pelat lantai GRC). Untuk penutupnya bisa digunakan papan kayu atau multipleks tebal yang di-finishing dengan parket, vinil, karpet, dll. Gipsum atau multiplek bisa menjadi pilihan untuk material dinding dan plafon. Pertimbangkan juga agar material penutup atap mampu menghindarkan ruang attic dari tampias ataupun bocor.   

Kenyamanan dan keindahan
Sebenarnya ruang bawah atap berfungsi sebagai sarana isolasi panas, yaitu mengurangi laju perpindahan panas dari permukaan atap ke ruang dalam. Boleh dibilang, attic yang sangat dekat dengan atap relatif lebih panas dan pengap. Jadi, bila attic berfungsi sebagai ruang aktivitas (ruang belajar, ruang tidur, dll.) sebaiknya dibuat ventilasi yang baik agar tercipta ruang yang nyaman. Atau, pasanglah alat pengatur udara buatan (kipas angin atau AC). Bisa juga ditambahkan material pelapis untuk mengurangi penyerapan panas, seperti glasswool dan aluminium foil. Sementara bila attic digunakan sebagai ruang simpan, pastikan aman dari kebocoran serta hewan pengganggu seperti tikus. Sebaiknya ciptakan sistem penyimpanan yang baik agar gudang tetap rapi dan bersih.

Estetika attic dapat dicapai dengan mengaplikasikan material finishing dengan warna atau tekstur yang menarik. Mengekspose konstruksi atap (kuda-kuda atau kasau) juga dapat dilakukan untuk menambah keindahan. Model dan warna furnitur serta aksesori ruang juga berperan penting.

Elemen tangga
Pemilihan jenis tangga perlu disesuaikan dengan fungsi attic. Jika attic berfungsi untuk ruang aktivitas sebaiknya digunakan tangga permanen yang terbuka dan kuat. Namun tetap harus dipilih dari bahan ringan. Sementara itu, pilihan tangga mekanis yang tertutup sangat tepat jika attic hanya digunakan sebagai ruang simpan. Selain menghemat ruang, tangga tertutup menampilkan kesan bersih untuk ruang fungsional di bawahnya.    

 

Sosial Media